Jawaban Khasiat Larutan Jeruk Nipis Dan Kecap | Breaktime
Jawaban Khasiat Larutan Jeruk Nipis Dan Kecap
22.09.2017

FUN FACT QUESTION

Jawaban Kamu Salah

Larutan jeruk nipis dan kecap tidak terbukti ampuh menyembuhkan batuk



Saat Anda sedang batuk, apa yang Anda lakukan? Pergi ke dokter atau membuat resep tradisional nenek moyang? Seringkali masyarakat kita masih menggunakan obat-obatan herbal untuk meredakan batuk. Pernahkah Anda menggunakan salah satu resepnya, yaitu dengan mencampur air perasan jeruk nipis yang dilarutkan dengan kecap? Pasti pernah, kan? Tetapi apakah ini mampu mengatasi tenggorokan gatal yang akhirnya menimbulkan batuk?

Batuk adalah refleks natural dari sistem perlindungan tubuh yang timbul jika saluran udara di belakang kerongkongan mengalami iritasi. Hal ini akhirnya memicu paru-paru untuk mengeluarkan udara dengan tekanan tinggi. Batuk sendiri sebenarnya membantu membersihkan paru-paru dan saluran udara dari asap atau lendir.

Tetapi batuk juga bisa timbul karena infeksi virus dan bakteri serta reaksi alergi. Lalu, apakah benar terbukti jika resep turun-temurun larutan jeruk nipis dan kecap bisa sembuhkan batuk?

Jawaban Khasiat Larutan Jeruk Nipis Dan Kecap | Breaktime
Ganti campuran jeruk nipis dengan madu

Baca juga : JANGAN LEWATKAN BERBAGAI KHASIAT JERUK NIPIS INI

Jeruk nipis sendiri memang tak hanya sebagai bahan masakan saja, tetapi juga sering dipakai sebagai obat herbal. Jeruk nipis mengandung minyak atsiri dan berbagai zat yang mampu melemaskan otot-otot pada saluran pernapasan.

Sebelumnya, jeruk nipis berkhasiat sebagai obat penurun panas. Sampai akhirnya tanaman ini juga bisa digunakan untuk mengatasi suara serak akibat tenggorokan yang gatal. Meski begitu, menurut ahli farmasi, Prof. Dr. Sumali Wiryowidagdo, larutan jeruk nipis yang dicampur kecap tidak akan menyembuhkan batuk. Larutan tersebut hanya bermanfaat sebagai pereda gejala seperti tenggorokan yang gatal.

Nah, penambahan kecap itu sendiri, sebenarnya berfungsi untuk mengurangi rasa asam berlebih dari jeruk nipis. Kecap pun sebenarnya tak memiliki manfaat tertentu untuk meredakan batuk atau gangguan saluran pernapasan lainnya. Jadi, Anda tak perlu harus menggunakan kecap. Bisa juga dengan mencampur jeruk nipis dengan madu. Ini juga karena madu memiliki manfaat nyata bagi kesehatan seluruh tubuh.

Terjawab, kan sekarang manfaat jeruk nipis yang dicampur dengan kecap. Sekarang Anda bisa mengkombinasikan obat batuk herbal ini dengan bahan lain yang lebih bermanfaat. (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE