Jangan Sepelekan Gejala Kanker Payudara Pria Ini | Breaktime
Jangan Sepelekan Gejala Kanker Payudara Pria Ini
29.10.2017

Kanker payudara adalah jenis kanker yang menjadi momok terbesar bagi kaum Hawa. Dan memang ketakutan yang mereka rasakan sangatlah masuk akal mengingat kanker payudara masuk ke dalam 3 Besar dari penyebab kematian perempuan setiap tahunnya. Walaupun angka kematian kanker payudara sudah lebih menurun, tapi tetap saja B’Timers wajib memeriksakan payudara Anda secara rutin untuk pendeteksian dini. Ya, termasuk Anda para pria. Karena sebenarnya kanker payudara pun bisa menyerang Anda. Apa saja gejala kanker payudara pria yang wajib diwaspadai?

Secara garis besar, gejala kanker payudara pria sebenarnya kurang lebih sama dengan gejala kanker payudara pada perempuan. Gejala pertama adalah munculnya benjolan kecil yang apabila ditekan tidak terasa sakit pada area sekitar areola. Dibandingkan dengan pendeteksian dini kanker payudara pada perempuan, pria banyak yang mengalami kesulitan dalam mendeteksi benjolan ini dikarenakan struktur payudara yang memang berbeda sehingga membuatnya sulit teraba. Terkadang pria juga sangat cuek hingga pada akhirnya mereka mendapati gejala kedua, yaitu. . .

. . . keluarnya darah dari dalam puting. Kulit di sekitar puting pun menjadi sangat gatal hingga memerah, terasa kering dan bersisik. Selain itu puting Anda pun akan mengalami retraksi atau masuk ke dalam. Apabila hal tersebut sampai terjadi, maka Anda wajib waspada, B’Timers. Karena itu berarti bahwa kanker yang ada di dalam payudara Anda kemungkinan besar sudah menyebar luas dan wajib segera diberikan penanganan.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Cara Mengobati Sakit Kepala ala Natural Remedies

Apabila gejala-gejala di atas diabaikan, maka sel-sel kanker akan semakin merajalela dan mulai mengganggu sistem metabolisme tubuh. Sel kanker tersebut akan menyerap nutrisi makanan yang masuk ke dalam tubuh sehingga mengakibatkan tubuh kekurangan nutrisi dan mengakibatkan Anda gampang merasa kelelahan. Hal tersebut mengakibatkan nafsu makan Anda terganggu, sehingga tubuh Anda dari hari ke hari pun akan menjadi semakin kurus dan lemah.

Sel kanker yang semakin kuat tersebut pun akan menyebar ke seluruh jaringan dan organ-organ tubuh seperti organ prostat dan hati. Kondisi tubuh yang malnutrisi mempersulit sistem antibodi tubuh untuk melawan sel-sel kanker dan memperbaiki kerusakan tersebut. Akibatnya nyawa Anda bisa saja terancam.

Jangan Sepelekan Gejala Kanker Payudara Pria Ini | Breaktime
Waspadai gejala kanker payudara pria!

Setelah tahu betapa berbahayanya kanker payudara, paham kan kenapa sangat penting bagi Anda para pria untuk tetap melakukan pemeriksaan sendiri pada payudara Anda? Hanya saja dibandingkan dengan kasus kanker payudara pada wanita, kasus kanker payudara pada pria memiliki probabilitas 1:1000. Umumnya golongan pria yang rawan terserang kanker payudara ini adalah pria yang sudah memasuki masa menopause yaitu saat Anda memasuki umur 60-70 tahun.

Tapi tetap saja ada beberapa penyebab lain yang bisa memicu munculnya sel kanker bahkan sebelum Anda memasuki usia menopause. Faktor pertama yang memperbesar kemungkinan Anda terserang penyakit kanker payudara adalah faktor genetik. Artinya apabila di dalam keluarga Anda ada beberapa kerabat (biasanya perempuan) yang terkena kanker payudara maka resiko genetik tersebut pun bisa juga menurun pada Anda.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Sakit Kepala Belakang, Sepele tapi Mengganggu

Selain itu apabila Anda bekerja di kawasan industri dimana Anda sangat rawan terkena paparan radiasi, maka besar kemungkinan radiasi tersebut akan menjadi zat radikal bebas yang mengakibatkan terbentuknya sel-sel kanker, tidak hanya pada payudara Anda tapi juga pada organ-organ tubuh vital lainnya. Kadar estrogen yang berlebihan pada pria tidak hanya dapat mengakibatkan pembesaran payudara (ginekomastia) tapi juga bisa mengakibatkan kanker. Gaya hidup tidak sehat seperti merokok dapat mengakibatkan zat kanker karsinogen menumpuk di dalam tubuh dan mengakibatkan terbentuknya sel-sel kanker.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tips Mencegah Kanker Payudara Sejak Dini

Untungnya gejala kanker payudara pria ini bisa diatasi dengan terapi kemoterapi, operasi, atau terapi hormon. Semakin cepat kanker tersebut terdeteksi, maka akan semakin besar peluang Anda dalam mengalahkan kanker payudara tersebut. (dkp)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE