Jangan Remehkan Kista, Pemicu Utama Kanker Ovarium | Breaktime
Jangan Remehkan Kista, Pemicu Utama Kanker Ovarium
10.05.2015
“Dear Mom, I may not like you always. We may have arguments and fights sometimes. But there’s one thing that you should know, I love you forever.”

Bicara soal International Mother’s Day, tak sedikit kaum Hawa di negeri ini yang kurang memahami akan berbagai penyakit “mengerikan” yang bisa mengincar tubuh setiap saat seperti kista ovarium. Gejala kista ovarium yang sekilas mirip dengan sakit perut dan terjadi berulang kali kerap dianggap penyakit biasa. Namun, ketika waktu telah lama bergulir, alangkah terkejutnya sebagian wanita yang menemukan bahwa kista itu kini telah menjelma menjadi kanker ovarium yang mematikan.  

Bila tak ingin kejadian buruk ini menimpa keluarga, utamanya mama B’timers, pengenalan beberapa gejala kista sejak dini akan sangat membantu penanganannya sebelum penyakit ini berkembang menjadi kanker. Nah, apa sajakah gejala tersebut?

  • Rasa nyeri yang luar biasa di sekitar bawah perut disertai dengan rasa mual dan muntah
  • Ketika menstruasi, kuantitas darah tidak menentu, kadang sedikit, kadang banyak
  • Rasa nyeri yang teramat sangat ketika haid
  • Sering buang air kecil
  • Terjadi perubahan sirkulasi menstruasi
  • Rasa sakit yang teramat sangat di bagian belakang pinggang
  • Timbul rasa nyeri pada area bawah kiri atau kanan perut seperti digigit semut
Indahnya berkumpul bersama keluarga dalam keadaan sehat
Indahnya berkumpul bersama keluarga dalam keadaan sehat

Nah, perhatikan dengan baik, apakah akhir-akhir ini mama B’timers pernah mengeluhkan salah satu atau beberapa dari gejala yang ada di atas? Bila ya, segera ajak dan temani mama untuk melakukan medical-check up as soon as possible.

Tak peduli sebawel apapun sosok mama dalam pandangan B’timers, tapi bila mama sampai jatuh sakit, suasana rumah yang penuh semangat akan mendadak menjadi suram. Oleh karena itu, perhatikan kesehatan mama dengan baik dan jangan lupa pula untuk menggalakkan gaya hidup sehat di keluarga Anda.

Selain itu, biasakan keluarga untuk mengonsumsi makanan sehat pencegah kista seperti ikan salmon yang kaya akan omega-3 dan rendah indeks glikemik yang mampu meningkatkan kadar hormon androgen untuk menekan kista, begitu pula dengan brokoli hijau, bayam, yogurt dan lainnya.

Jangan lupa pula untuk merutinkan waktu olahraga bersama keluarga agar tubuh tetap bugar dan ceria untuk menikmati berbagai momen bahagia bersama-sama. A family is life’s greatest blessing that’s why you have to show your sincere care.

Share This Article