Jangan Percaya Mitos Penghilang Komedo Alami Ini | Breaktime
Jangan Percaya Mitos Penghilang Komedo Alami Ini
28.08.2017

Komedo jadi momok kedua bagi sebagian besar orang setelah jerawat. Banyak cara yang dilakukan untuk menghilangkan komedo yang bersarang di hidung. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan penghilang komedo alami. Tapi, apakah cara-cara tersebut benar ampuh untuk mengusir komedo?

Sebelum lebih jauh membahas tentang bagaimana menghilangkan komedo yang baik dan benar. B’timers harus paham dulu apa yang membuat komedo muncul kembali meskipun sudah dibersihkan. Ada beberapa fakta dan mitos seputar komedo yang sejak lama berkembang di masyarakat. Apa saja, ya?

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Fakta Atau Mitos, Udara Pantai Sembuhkan Asma?

Ada tiga faktor utama yang bisa membuat komedo muncul lagi meski telah dibersihkan. Pertama adalah faktor keturunan atau genetis. Nah, genetis kulit orang tua, kemungkinan besar akan muncul pada diri Anda. Kedua adalah hormon. Ketidakstabilan hormon akan memicu timbulnya jerawat dan komedo yang sulit untuk dihindari. Biasanya pubertas dan menstruasi pada wanita yang akan menjadi faktor utama. Ketiga adalah nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Asupan vitamin dan mineral juga harus diperhatikan dalam setiap makanan yang dikonsumsi.

Meski telah disebutkan beberapa faktor utama penyebab komedo, masih saja banyak masyarakat yang mempercayai mitos-mitos yang beredar. Seperti apa sih mitos tentang komedo yang dipercaya oleh masyarakat dan apa faktanya?

Komedo tak separah jerawat

Padahal penyebab utama komedo dan jerawat itu sama, yaitu minyak berlebih dan kotoran pada wajah. Hanya saja yang membedakan adalah penyumbatan pori-pori wajah tanpa infeksi akan mengakibatkan komedo dan begitu sebaliknya. Well, baik jerawat ataupun komedo adalah masalah kulit wajah yang harus ditangani serius.

Komedo boleh saja dipencet

Ini menjadi mitos yang paling keliru. Jika Anda memencet komedo, yang terjadi adalah pori-pori makin membesar. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan saja pembersih wajah dan scrub khusus komedo atau Anda juga bisa menggunakan pore pack. 

Jangan Percaya Mitos Penghilang Komedo Alami Ini | Breaktime
Ada banyak penghilang komedo alami yang bisa digunakan
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Begini Cara Menghilangkan Komedo dengan Cepat

Stress bisa menimbulkan komedo

Kalau yang satu ini sebenarnya tidak berpengaruh secara langsung. Memang ada beberapa orang yang mengalami stress akhirnya memicu produksi minyal berlebih pada wajah. Itulah yang membuat risiko komedo muncul semakin besar.

Mengonsumsi cokelat dan permen bisa menimbulkan komedo

Sama halnya dengan stress, reaksi tubuh masing-masing orang terhadap makanan yang mereka konsumsi juga berbeda. Untuk menggunakan penghilang komedo alami, orang-orang akan sangat menghindari makan cokelat. Padahal banyak juga orang yang mengonsumsi makanan manis, wajahnya bebas dari komedo dan jerawat.

Sering mencuci wajah juga akan mengusir komedo dengan mudah

Mencuci muka sesering mungkin justru akan membuat kulit semakin kering dan keriput. Bukannya malah membebaskan wajah dari komedo. Cuci maksimal dua kali sehari saat pagi dan malam hari menjelang tidur, itu sudah cukup.

Nah, setelah paham mitos dan fakta seputar komedo, sebaiknya Anda coba gunakan bahan-bahan alami ini untuk merawat kulit wajah agar bebas dari komedo. Gunakan scrub alami dari gula pasir yang mampu mengangkat komedo dan sel kulit mati. Kandungan glukosanya melembutkan dan menghaluskan kulit. Anda hanya perlu mencampurkan gula dengan olive oil atau madu. Setelah itu scrub lembut dan diamkan selama 10 menit. Cuci dengan air yang mengalir.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Masker Penghilang Komedo Ini Beri Hasil Terbaik!

Mineral peeling dengan garam juga bisa dilakukan. Garam cenderung memiliki efek yang lebih keras. Sebelum menggunakan garam, bersihkan wajah terlebih dahulu. Kemudian campurkan garam dengan air. Usapkan pada seluruh area hidung. Setelah itu usapkan es batu.

Ampas kopi juga bisa jadi bahan alami untuk scrub. Diamkan dulu semalaman. Kemudian bersihkan wajah dan usapkan ampas kopi di area hidung. Gosok perlahan hingga masuk ke pori-pori kulit. Setelah selesai, cuci hidung dengan air bersih.

Itu tadi beberapa hal tentang mitos, fakta, dan penghilang komedo alami yang bisa diterapkan mulai sekarang. Hidung bersih dari komedo, Anda pun bisa pergi dengan percaya diri. (vpd)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE