Jangan Minum Obat Dulu, Usir Nyeri Haid dengan Yoga! | Breaktime
Jangan Minum Obat Dulu, Usir Nyeri Haid dengan Yoga!
10.09.2015

Siklus datang bulan bisa jadi “momok” yang mengerikan bagi kaum Hawa. Pasalnya, nyeri haid seperti perut kram atau terasa diremas-remas yang diikuti dengan kepala pusing akan mengganggu aktivitas harian. Namun, ternyata B’timers bisa menyembuhkan nyeri haid tersebut secara alami dengan melakukan empat jenis gerakan yoga berikut ini:

Janu Sirsasana

Berfungsi menimbulkan sensasi rileks pada otak
Berfungsi menimbulkan sensasi rileks pada otak

Gerakan satu ini bermanfaat untuk meregangkan tulang belakang, pangkal paha, dan otot belakang lutut. Dengan begitu, aliran darah akan menjadi lancar dan membuat otak menjadi lebih rileks serta nyeri haid pun berkurang.

Untuk melakukannya, selonjorkan kaki kiri dan lipat kaki kanan ke arah dalam, sampai membentuk sudut 90 derajat. Raih kaki kiri Anda dengan cara membungkukkan badan ke depan sambil menarik dan melepaskan napas secara perlahan selama 1 hingga 3 menit. Kemudian ulangi langkah ini dengan mengganti posisi kaki.

Camel pose

Berfungsi menghilangkan nyeri punggung saat haid
Berfungsi menghilangkan nyeri punggung saat haid

Redakan nyeri pada bagian punggung dengan gerakan yoga Camel pose. Untuk melakukannya, berlututlah di lantai dengan kedua kaki terbuka cukup lebar. Tekuklah paha Anda ke arah dalam dan bersiaplah untuk melakukan gerakan kayang.

Perlahan-lahan, raih kedua telapak kaki dengan kedua tangan. Tarik napas, busungan dada. Setelah itu, keluarkan napas secara perlahan dengan sedikit menarik pinggang ke depan. Biarkan mata Anda lurus menatap bagian yang ada di belakang, dan bernapaslah secara teratur selama 30 hingga 60 detik.

Eka Pada Rajakapotasana

Berfungsi menghilangkan perut kram dan leher kaku
Berfungsi menghilangkan perut kram dan leher kaku

Hilangkan masalah perut kram dan leher kaku dengan gerakan Eka Pada Rajakapotasana. Angkat kaki kanan, silangkan melalui bagian bawah tubuh. Sementara itu, tarik kaki kiri dalam posisi lurus ke belakang dengan jemari kaki menunjuk ke arah luar.

Setelah itu, tarik napas dalam dan tekan tangan ke matras, sambil meregangkan tulang punggung sepanjang-panjangnya. Buang napas perlahan dan tahan posisi ini selama  1 menit. Lakukan pernapasan secara stabil. Bila sudah, gantilah posisi kaki yang lain.

Bhujangsana

Berfungsi menghilangkan nyeri haid pada area perut
Berfungsi menghilangkan nyeri haid pada area perut

Gerakan yoga satu ini juga dikenal ampuh menghilangkan nyeri haid karena mampu meregangkan otot perut secara maksimal. Untuk melakukannya, berbaringlah dengan posisi tubuh tengkurap. Letakkan tangan di matras dan renggangkan kaki. Angkatlah tubuh Anda secara perlahan sampai bagian perut ikut terangkat.

Siapk mengatasi masalah nyeri datang bulan yang mengganggu dengan empat gerakan yoga di atas? Let’s try, B’timers!

Share This Article