Jangan Mendongakkan Kepala Saat Mimisan! | Breaktime
Jangan Mendongakkan Kepala Saat Mimisan!
20.08.2015

Secara refleks, kita akan mendongakkan kepala saat sedang mimisan untuk mencegah darah menetes. Tahukah Anda jika hal ini ternyata sangat berbahaya? Darah yang ada di hidung bisa mengalir ke bagian belakang tenggorokan dan menyebabkan berbagai penyakit berbahaya.

Menurut Jeffrey Suh, MD, seorang professor di David Geffen School of Medicine di University of California, mendongakkan kepala bisa menyebabkan gangguan ringan hingga parah. Gangguan ringan biasa ditandai dengan munculnya rasa mual, sedangkan gangguan beratnya berupa gejala pneumonia. Hal ini dikarenakan darah yang telah terkontaminasi bakteri jahat masuk ke dalam paru-paru dan menginfeksinya. Maka dari itu, menghentikan mimisan dengan mendongakkan kepala tersebut sangat tidak disarankan.

Ketika mimisan, kompres batang hidung dengan es
Ketika mimisan, kompres batang hidung dengan es

Berdasarkan sebuah penelitian yang diunggah di British journal BMJ, salah satu cara aman untuk menghentikan mimisan adalah dengan menekan perlahan jaringan lunak diantara lubang hidung selama 5 sampai 10 menit. Atau bisa juga Anda mengompresnya dengan es di batang hidung.

Cara ini juga disarankan oleh Jennifer Villwock, MD seorang dokter bedah di New York Upstate Medical University. Ia menjelakan bahwa cara tersebut dapat mempercepat pembekuan darah sehingga mimisan bisa segera diatasi.

Pada umumnya, mimisan hanya terjadi paling lama 20 menit saja. Namun jika sudah berusaha menghentikannya dan darah tak kunjung berhenti keluar, segera lakukan pemeriksaan yang menyeluruh. Bisa jadi mimisan tersebut merupakan gelaja dari penyakit lain yang lebih berbahaya.

Share This Article