Jangan Lewatkan Berbagai Khasiat Jeruk Nipis Ini | Breaktime
Jangan Lewatkan Berbagai Khasiat Jeruk Nipis Ini
21.12.2016

Jeruk nipis adalah salah satu dari jenis buah jeruk yang sangat dikenal oleh masyarakat dunia. Jeruk yang memiliki warna kulit hijau dan rasa yang masam namun menyegarkan sehingga tidak jarang jika banyak produk masakan kuliner menggunakan jeruk nipis sebagai bahan tambahannya.  Dan ternyata tidak hanya melezatkan makanan, Anda pun dapat menikmati berbagai macam khasiat jeruk nipis untuk kesehatan tubuh.

Baca juga : JERUK NIPIS BISA BANTU MENGECILKAN PERUT

Khasiat jeruk nipis berasal dari senyawa-senyawa alami yang terdapat di dalam buah jeruk ini. Selain vitamin C, jeruk nipis memiliki kandungan zat flavonoid yang tidak hanya berfungsi untuk memberikan pigmen pada buah tetapi juga berfungsi sebagai zat antioksidan yang merupakan zat penangkal radikal bebas. Manfaat dari antioksidan adalah untuk membantu tubuh memerangi sel-sel kanker sekaligus mencegah pembentukannya. Selain itu, apabila tubuh memiliki kandungan flavonoid yang cukup, maka akan memperkecil kemungkinan Anda terserang penyakit-penyakit seperti Alzheimer dan penyakit Parkinson. 

Jangan Lewatkan Berbagai Khasiat Jeruk Nipis Ini | Breaktime
Jeruk nipis ternyata memiliki seribu manfaat!

Selain sebagai zat antioksidan, flavonoid juga dapat digunakan sebagai pelega pernapasan bagi Anda yang mengalami penyakit atau gangguan pada pernapasan seperti asthma. Selain itu, menghirup aroma flavonoid dari jeruk nipis juga dapat digunakan untuk meredakan rasa mual pada perut.

Dan B’Timers, apakah Anda mengetahui dari mana rasa asam pada jeruk nipis berasal? Ya, rasa masam tersebut merupakan asam sitrat. Asam sitrat memiliki kandungan asam yang sangat tinggi dan memproduksi lingkungan dengan kadar asam yang tinggi di dalam tubuh sehingga mengakibatkan bakteri sulit untuk tumbuh dan berkembang. Dan sebagai hasilnya, tubuh Anda akan memiliki ketahanan terhadap infeksi yang disebabkan oleh bakteri-bakteri jahat. 

Baca juga : DIET? INI 5 HAL WAJIB TAHU SOAL DIET JERUK NIPIS

Dan berkat sifat disinfektan pada jeruk nipis, ia juga dapat digunakan sebagai solusi pengobatan alami untuk  wajah yang berjerawat.Caranya adalah dengan mengaplikasikan perasan air jeruk nipis yang dicampur dengan air hangat pada jerawat-jerawat di wajah Anda. Kandungan anti bakterial pada jeruk nipis akan membunuh kuman serta bakteri yang mengakibatkan munculnya jerawat sehingga sebagai hasilnya, jerawat Anda pun akan mengering dan mengelupas secara alami tanpa meninggalkan bekas.

Bagi Anda yang menderita asam urat pun dapat menjadikan jeruk nipis sebagai pengobatan alami yang murah meriah. Kandungan asam sitrat yang ada di dalam jeruk nipis akan membantu melarutkan kristal-kristal asam urat di persendian tubuh dan mengeleminasinya melalui air seni. Selain itu, sifat anti-inflamasi yang terdapat pada buah mungil ini akan meredakan pembengkakan sendi sehingga Anda akan terbebas dari rasa sakit ketika Anda berjalan kaki.

Mungkin belum banyak yang mengetahui hal ini, namun jeruk nipis juga memiliki peranan besar dalam mencegah terjadinya penyakit jantung dan juga dapat membantu Anda untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.  Hal tersebut dilakukan dengan cara menjaga agar tekanan darah tetap stabil dan melarutkan kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam darah. Selain itu, jeruk nipis juga dapat mencegah timbulnya peradangan pembuluh darah.

Selain itu, jeruk nipis juga memiliki peran penting dalam pengontrolan gula darah dengan memaksimalkan proses penyerapan makanan di dalam tubuh sehingga mencegah terjadinya lonjakan kadar gula darah sehingga Anda pun akan terhindar dari resiko terkena penyakit diabetes.

Bagi Anda yang sering mengalami masalah dengan sistem pencernaan, mulai sekarang sebaiknya Anda lebih sering mengkonsumsi jeruk nipis karena jeruk nipis memiliki zat yang sangat berguna untuk membantu pembersihan usus (detoksifikasi) sehingga organ-organ pencernaan Anda dapat berfungsi dengan maksimal.

Demikianlah berbagai macam khasiat jeruk nipis yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Semoga informasi ini bermanfaat ya, B’Timers! (dkp)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE