Jangan Korbankan Kesehatan untuk Minuman Bersoda | Breaktime
Jangan Korbankan Kesehatan untuk Segarnya Minuman Bersoda!
17.11.2015

Apakah B’timers gemar mengonsumsi soda? Jika memang iya, sebaiknya kurangi kegemaran Anda tersebut. Terlalu banyak mengosumsi air soda berdampak buruk untuk kondisi tubuh. Berdasarkan pada Dr. Hans Peter Kubis dari Bangor University, terlalu sering mengonsumsi air soda bisa menyebabkan berbagai penyakit berbahaya seperti halnya diabetes tipe 2, gagal hati, jantung, dan juga hipertensi.

Apa saja dampak lainnya dari terlalu banyak meminum air soda, berikut di antaranya;

Mempercepat penuaan dini

Orang yang mengosumsi 2 kaleng air soda setiap harinya terbukti memiliki sel yang mengalami penuaan. Pada tahun 2014, penelitian yang dilakukan di California University menemukan perubahan DNA 4,5 tahun lebih tua dari umur sebenarnya pada orang yang rutin mengonsumsi soda.

Memicu sugar cravings

Dr Hans-Peter Kubis menjelaskan bahwa mereka yang terlalu banyak minum air soda, 2 kali setiap harinya akan merusak persepsi tentang rasa manis di otak dan membuatnya terus menginginkan gula. Hal ini dikarenakan rasa manis yang berlebihan akan tersambung dengan reward system yang ada di otak dan meningkatkan keinginan untuk makan gula dalam jumlah yang banyak. 

Jangan Korbankan Kesehatan untuk Minuman Bersoda | Breaktime
Air soda memberikan dampak yang buruk untuk tubuh, kurangi pengonsumsiannya

Memiliki kaitan yang erat dengan kanker

Wanita yang mengonsumsi lebih dari 3 kaleng minuman yang mengandung gula, baik itu yang berkarbonasi atau tidak, memiliki resiko yang lebih besar terserang kanker payudara. Bahkan,  mereka yang memiliki payudara besar dan dikombinasikan dengan minuman tinggi gula, akan menyebabkan sel kanker berkembang, berdasarkan pada penjelasan Dr. Anne Trigg, seorang medical oncologist dari London Bridge Hospital.

Membahayakan tulang

Hati-hati dengan tulang Anda jika minum air soda berlebihan. Kandungan asam fosfor yang terdapat di dalam air soda akan membuat tulang cepat keropos. Sebuah penelitian pada tahun 2006 oleh para nutritionals epidemiologists dari Tufts University in Boston menemukan fakta bahwa wanita yang mengonsumsi air soda setiap hari memiliki kalsium yang rendah. Dengan jumlah kalsium yang rendah ini ditakutkan mereka yang mengosumsi air soda secara berlebihan akan mengalami osteoporosis dengan cepat.

Meminum soda tentu boleh, namun usahakan untuk membatasi jumlahnya agar kesehatan Anda tidak jadi taruhannya. (ya)

Share This Article