Cemas? Ini Cara Mengatasi Cegukan pada Bayi | Breaktime
Jangan Cemas, Ini Cara Mengatasi Cegukan pada Bayi
08.10.2016

Takut karena bayi Anda cegukan sepanjang waktu, B’timers? Well, sebenarnya cegukan adalah hal yang sangat normal pada bayi. Yang perlu Anda cemaskan adalah, ketika bayi tidak berhenti cegukan, mereka akan merasa jengkel dan terus menangis. Sebagai ibu tentu kita ingin berbuat sesuatu untuk mengatasi masalah buah hati, kan? Nah, berikut cara mengatasi cegukan pada bayi, B’timers!

Cemas? Ini Cara Mengatasi Cegukan pada Bayi | Breaktime
Bayi sangat mudah merasa tidak nyaman, lho

Ubahlah posisi menyusui Anda

Terkadang bayi menelan terlalu banyak udara saat makan atau menyusu. Dan inilah salah satu penyebab mereka bisa mengalami cegukan, B’timers. Untuk mengatasi bayi yang cegukan ketika menyusi, ubahlah posisi menyusui. Hal ini untuk membatasi jumlah udara yang masuk ke dalam mulut bayi.

Bantu bayi untuk bersendawa

Sangat penting membuat bayi bersendawa setelah selesai menyusu, lho. Bersendawa dilakukan untuk membuang kelebihan udara atau gas di dalam perut bayi. Namun tak hanya itu, bersendawa membantu melepaskan kejang otot diafragma dan menghentikan cegukan bayi. Bantu mereka untuk bersendawa.

Baca juga : KEBUTUHAN TIDUR SIANG UNTUK SISWA? INI FAKTANYA!

Pijat punggung bayi dengan lembut

Well, cegukan pada bayi memang bukanlah hal yang membahayakan kesehatan mereka. Namun sangat mengganggu dan membuat mereka tak nyaman, B’timers. Cara mengatasi cegukan pada bayi yang bisa Anda lakukan adalah menenangkan bayi. Gosok punggung dengan lembut untuk mengatasinya.

Cemas? Ini Cara Mengatasi Cegukan pada Bayi | Breaktime
Hayoo, jangan tunggu sampai bayi menangis karena lapar!

Jadwalkan makan yang teratur

Anda harus memberi makan bayi sebelum mereka terlalu lapar dan perut mereka mengandung banyak gas, B’timers. Cegukan bisa saja merupakan salah satu tanda bahwa adanya masalah perut, lho. Jika bayi cegukan disertai muntah, mereka sedang mengalami gangguan lambung. Untuk itu beri makan teratur.

Berhenti makan jika cegukan tak reda

Jika setelah beberapa menit cegukan tidak berhenti, yang perlu Anda lakukan adalah berhenti menyusui mereka, B’timers. Jika Anda terus memberi mereka makan selama cegukan, bayi bisa muntah dan makin tidak nyaman. Biarkan cegukan menghilang terlebih dahulu sebelum Anda memberikannya makan.

Setelah mengetahui cara mengatasi cegukan pada bayi, Anda tidak merasa khawatir lagi, kan, B’timers? (NO)

Share This Article