Jangan Biarkan Usia Menggerogoti Kesehatan Anda, Cegah Sekarang! | Breaktime
Jangan Biarkan Usia Menggerogoti Kesehatan Anda, Cegah Sekarang!
22.09.2015

Seiring dengan pertambahan usia, sejumlah fungsi tubuh juga akan ikut mengalami penurunan alias degenerasi. Penyakit degenerasi ini terjadi karena berkurangnya fungsi sel saraf maupun organ tubuh secara bertahap hingga mengakibatkan kematian sel yang lebih cepat.

Salah satu contoh penyakit degeneratif yang paling jamak ditemui adalah penyakit jantung koroner, stroke, parkinson, osteoporosis, hingga alzheimer. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengenali gejala sederhana penyakit degeneratif agar bisa melakukan penanganan secara intensif:

Nyeri leher merupakan gejala awal penyakit degeneratif
Nyeri leher merupakan gejala awal penyakit degeneratif
  • Tangan, kaki, rahang, atau kepala mudah mengalami gemetaran, baik saat beraktivitas maupun beristirahat
  • Muncul rasa kaku pada otot, bahu, leher, dan sejumlah persendian hingga tubuh sulit bergerak
  • Terjadi gangguan keseimbangan tubuh
  • Penurunan kelincahan pada saat berjalan ataupun memutar tubuh
  • Susah tidur
  • Motivasi mulai menurun
  • Ketajaman ingatan mulai menurun
  • Mudah merasa kelelahan ketika  beraktivitas

Umumnya, gejala-gejala tersebut baru akan mulai terasa ketika Anda berusia 50 tahun. Namun, apabila di usia kepala tiga Anda sudah mulai merasakan sejumlah gejala tersebut, baiknya B’timers mulai waspada. Selain itu, amati juga apakah kemampuan Anda untuk berpikir tingkat tinggi mulai mengalami gangguan ataukah ada gerek reflek otot yang mulai meningkat.

Solusi untuk menangani masalah ini adalah menghentikan sejumlah faktor yang meningkatkan risiko penyakit degenaratif seperti berikut ini:

Stop konsumsi makanan junk food

Tingginya kadar lemak jenuh pada makanan junk food ataupun fast food bisa memperparah penyakit degenaratif. Makanan berlemak tinggi dan mengandung gula berlebih akan menaikkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh dan membuat gula darah jadi tidak stabil dan memicu penyakit kronis seperti diabetes.

Malas bergerak

Berkembangnya teknologi komunikasi dan informasi seringkali membuat Anda menjadi malas bangkit dari tempat duduk. Padahal, dalam jangka waktu lama hal ini akan berpengaruh pada kesehatan tubuh secara menyeluruh. Tubuh yang kurang bergerak akan menjadi sarang lemak dan kalori sehingga memicu masalah obesitas.

Tinggal di lingkungan tercemar

Tinggal di kota besar yang dekat sekali dengan polusi udara atau kawasan limbah dari pabrik juga bisa memperburuk penyakit degenerasi yang dialami. Oleh karena itu, pastikan Anda hidup di kawasan yang memiliki sistem sanitasi air yang bagus dan udara yang masih segar.

Selain itu, jangan lupa pula untuk selalu rutin melakukan pemeriksaan medis secara menyeluruh. Dengan begitu, Anda juga akan mendapatkan informasi medis akurat seputar kondisi kesehatan terkini.

Share This Article