Jangan Sembarangan Memasang Softlens! Begini Caranya | Breaktime
Jangan Asal Gaya dengan Softlens, Perhatikan Pemakaiannya
12.08.2015

Cara Menggunakan Softlens - Mengenakan softlens atau lensa kontak sekarang ini sudah menjadi tren tersendiri, walaupun pada awalnya alat bantu penglihatan tersebut diciptakan untuk membantu penderita mata minus sebagai pengganti kaca mata. Sekarang ini, softlens bisa dengan mudah dijumpai dengan rentang harga serta model yang beragam. Tidak hanya itu, B’timers pun dapat mempercantik penampilan dengan softlens berwarna ataupun bermotif.

Tapi tahukah Anda jika pemakaian yang salah bisa menyebabkan gangguan kesehatan pada mata? Maka dari itu, simak dulu beberapa hal penting ini supaya mata senantiasa sehat meski menggunakan softlense:

Perhatikan kondisi mata

Sebelum memutuskan untuk menggunakan softlens, Anda wajib memeriksakan mata terlebih dahulu. Perlu Anda ketahui, kondisi mata setiap orang berbeda dan tidak semua orang toleran terhadap cairan atau material lensa kontak. Banyak orang yang mengalami alergi setelah mengenakan softlens.

Pastikan kualitas softlens

Baca juga penjelasan di kemasan softlens sebelum memutuskan untuk membelinya
Baca juga penjelasan di kemasan softlens sebelum memutuskan untuk membelinya

Jangan pernah tergiur harga murah untuk sebuah softlens yang ditawarkan, karena kualitasnya belum tentu terbukti. Lebih baik Anda mengorbankan lebih banyak uang untuk membeli softlens mahal yang aman bagi kesehatan.

Baca juga: WASPADA, KOLESTEROL TINGGI TINGKATKAN SERANGAN JANTUNG 

Perhatikan waktu pemakaian

Softlens tidak seperti kacamata yang dapat dikenakan sepanjang hari. Ada batas waktu penggunaan softlens karena apabila melebihi waktu yang ditetapkan, maka dapat membuat mata kering, tidak nyaman, dan menjadi sarang bakteri. Batas pemakaian softlens rata-rata adalah 8 jam sehari.

Lepas di saat tertentu

Lepas softlens ketika B’timers akan pergi tidur, mandi, atau berenang untuk menjaga kualitas lensa kontak tetap terjaga. Hindari juga memakai lensa kontak di daerah berdebu untuk menghindari menjadi tempat menumpuknya bakteri dan kotoran.

Setelah mengetahui langkah-langkah sebelum memutuskan untuk mengenakan softlens, B’timers juga perlu mengetahui cara penggunaan lensa kontak yang baik, benar dan aman.

Sayangi mata Anda dengan perhatikan penggunaan softlens
Sayangi mata Anda dengan perhatikan penggunaan softlens

Utamakan kebersihan

Sebelum memakai softlens, pastikan tangan Anda bersih dengan mencucinya menggunakan sabun atau cairan antiseptik. Hal ini bertujuan agar kuman atau bakteri yang menempel di jari tidak ikut masuk ke dalam mata saat Anda memasang softlens.

Supaya lebih aman, lakukan pemeriksaan mata secara berkala. Hal ini akan menjaga mata B’timers tetap sehat dan terawat meski memakai softlens.

Share This Article