Jangan Abaikan Berbagai Gejala Kanker Laring Ini | Breaktime
Jangan Abaikan Berbagai Gejala Kanker Laring Ini
18.09.2017

B’timers pernah merasa nyeri pada tenggorokan atau mengalami kesulitan untuk menelan? Berbagai gejala tersebut seringkali disepelekan olah masyarakat awam karena dianggap hanya ketidaknyamanan biasa yang dapat hilang sewaktu-waktu. Tak jarang, banyak juga yang menganggapnya sebagai gejala flu dan batuk sehingga cenderung dibiarkan ataupun ditangani ala kadarnya dengan obat pereda gejala flu dan batuk. Padahal, B’timers, tahukah Anda bahwa hal tersebut bisa jadi merupakan salah satu gejala penyakit kanker laring?

Kanker laring merupakan kanker yang menyerang laring atau kotak suara. Laring merupakan salah satu bagian utama dalam tenggorokan manusia yang berfungsi membantu proses bernafas dan berbicara. Yang tak kalah penting, laring juga berfungsi melindungi paru-paru dari masuknya makanan ke organ pernafasan pada saat menelan. Gejala kanker laring yang cenderung diabaikan tersebut mengakibatkan pasien cenderung kehabisan waktu untuk menangani gejala kanker laring ketika masih dalam stadium awal, sehingga dapat berakibat fatal hingga mengancam nyawa. Sebenarnya, apa saja sih gejala kanker laring dan yang membedakannya dengan gejala sakit tenggorokan biasa?

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Pernah Rasakan Ini Saat Terbang? Ini Jawabannya!

Gejala awal pada kanker laring yang paling sering disepelekan ialah timbulnya suara serak dan rasa sakit, terutama saat menelan akibat tenggorokan yang terasa seakan terhalang. Suara serak memang seringkali terjadi seiring munculnya gejala batuk, atau sekedar karena kurangnya asupan air mineral dalam waktu lama. Faktanya, suara serak yang bertahan hingga 3 minggu bisa jadi merupakan gejala awal kanker laring yang tidak boleh diabaikan begitu saja. Salah satu tindakan yang bisa B’timers lakukan ketika mengalami suara serak yang tak kunjung sembuh ialah dengan melakukan pemeriksaan laringoskopi ke dokter spesialis THT.

Jangan Abaikan Berbagai Gejala Kanker Laring Ini | Breaktime
Kanker laring bisa juga disebabkan oleh kebiasaan merokok atau mengkonsumsi minuman keras

Tak hanya suara serak, Anda kemungkinan besar terserang kanker laring apabila disertai pula dengan gejala lain berupa rasa sakit di telinga maupun dahak berdarah. Kanker laring yang telah mencapai tahap tertentu dan tidak segera ditangani akan menjalar hingga peradangan tenggorokan. Tak hanya pada pita suara, kanker laring terutama supraglotik stadium lanjut bisa menyebabkan nyeri syaraf hingga menimbulkan sakit telinga. Begitu kanker laring menyerang hingga subglotik vocal supraglotik stadium akhir, kerusakan sistem telinga-hidung-tenggorokan yang kompleks dan saling terkait akan semakin serius hingga menyebabkan kesulitan bernafas, dan berujung bada timbulnya batuk yang mengeluarkan dahak berdarah.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Cara Merawat Rambut Rontok ala Hijabers

Tak hanya berpusat pada laring, sel kanker rupanya juga dapat mneyebar melalui sirkulasi darah hingga menyebar ke kelenjar getah bening maupun organ tubuh lain yang lebih jauh. Agar tak semakin parah dan menyebar ke mana-mana, B’timers perlu mewaspadai gejala kanker laring sedini mungkin. Selain yang telah disebutkan di atas, kanker laring juga pada mulanya diawali oleh timbulnya gejala yang pada awalnya nampak tak berbahaya, seperti nafas tak sebab, kelelahan yang tak mudah hilang dengan beristirahat secukupnya, nafas mengi, timbulnya benjolan atau pembengkakaan di leher, hingga bau nafas yang tidak sedap.

Dengan segera memeriksakan ke dokter spesialis THT terdekat, kemungkinan Anda untuk mendapatkan kesembuhan total akan semakin besar. Beberapa hal yang perlu diwaspadai sebagai penyebab kanker laring ialah kebiasaan merokok dan mengkonsumsi minuman keras. B’timers dengan anggota keluarga yang memiliki riwayat kanker laring maupun paparan senyawa zat kimiawi tertentu dalam waktu lama juga cenderung lebih mudah terkena kanker laring.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Info Kesehatan Wanita Penting Soal Kanker Serviks

Begitu B’timers mengalami suara serak, sensasi tidak nyaman pada tenggorokan, sulit menelan, hingga berbagai gejala kanker laring lainnya, Anda sebaiknya segera melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter spesialis THT untuk memastikan diagnosis. Beberapa tahapan pemeriksaan yang sebaiknya Anda lakukan di antaranya ialah laringoskopi atau endoskopi, biopsi yakni berupa pengambilan sampel jaringan untuk memastikan adanya sel kanker, pemindaian berupa CT, MRI, maupun PET-CT scan, hingga USG. Proses penanganan dan penyembuhan nantinya akan tergantung pada seberapa jauh pertumbuhan sel kanker pada organ laring Anda.

Jangan sepelekan ketika suara Anda tiba-tiba serak serta diiringi dengan rasa nyeri dan gejala kanker laring lainnya ya! (dee)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE