Jalan Tanpa Alas Kaki Ternyata Banyak Manfaatnya | Breaktime
Jalan Tanpa Alas Kaki Ternyata Banyak Manfaatnya
19.11.2015

Jika selama ini Anda selalu berjalan-jalan dengan sepatu atau alas kaki yang lainnya, cobalah untuk sesekali untuk tidak memakainya. Karena berdasarkan pada sebuah penelitian yang dilakukan oleh Patrick McKeon, seorang professor dari department of Exercise and Sports Sciences at Ithaca College, jalan-jalan tanpa mengenakan alas kaki memiliki banyak sekali manfaat kesehatan. Apa saja manfaat yang bisa Anda dapatkan dari berjalan tanpa alas kaki? Berikut penjelasannya;

Meningkatkan kualitas tidur

Berjalan kaki tanpa menggunakan alas kaki setidaknya 4 menit setiap harinya dapat meningkatkan kualitas tidur Anda. tidur jadi lebih nyenyak daripada biasanya. Jadi, jika Anda memiliki masalah dengan tidur, baik itu insomnia ataupun karena hal yang lainnya, jalan-jalanlah tanpa menggunakan alas kaki secara rutin setiap harinya. Manfaat jalan kaki untuk meningkatkan kualitas tidur ini didukung oleh sebuah penelitian yang diunggah di Journal of Environmental and Public Health. 

Jalan Tanpa Alas Kaki Ternyata Banyak Manfaatnya | Breaktime
Berjalan tanpa alas kaki dan dapatkan manfaat luar biasa

Menstabilkan gula darah di dalam tubuh

Jika gula darah naik-turun tidak terkendali, resiko terserang berbagai penyakit kardiovaskular sangat tinggi. Oleh karena itu, stabilkan kondisi ini dengan berjalan kaki tanpa menggunakan alas kaki. Tidak hanya menstabilkan gula darah di dalam tubuh saja, jalan tanpa menggunakan alas kaki juga membuat detak jantung jadi lebih stabil, menurunkan stres, dan juga meningkatkan imunnitas tubuh.

Meningkatkan produktivitas sel darah merah

Salah satu penelitian yang diunggah di Journal of Alternative and Complementary Medicine menemukan bahwa beraktivitas tanpa mengenakan alas kaki ternyata bisa meningkatkan produktivitas sel darah merah. Ketika produksi sel darah merah menjadi lancar, tubuh akan terhindar dari penggumpalan  yang bisa menurunkan gangguan jantung. Daripada mengosumsi aspirin setiap harinya, lebih baik untuk memilih jalan kaki secara teratur ya, B’timers.

Karena manfaat yang didapat dari jalan kaki tanpa menggunakan alas sangat baik, rutinlah melakukannya B’timers agar tubuh tetap sehat dan bugar di usia berapapun. (ya)

Share This Article