Jadi Ini Sayuran Pereda Kolesterol yang Mutakhir | Breaktime
Jadi Ini Sayuran Pereda Kolesterol yang Mutakhir?
26.12.2016

Setiap kali mendengar kata ‘kolesterol’, apa yang terlintas di benak Anda? Apakah Ia adalah sesuatu yang menakutkan? Atau justru Anda sama sekali tak peduli dengannya? Wah, maka inilah kesalahan persepsi yang harus segera diluruskan nih, B’timers. Well, kebanyakan orang berasumsi bahwa kolesterol adalah senyawa yang jahat dan tidak baik untuk kesehatan tubuh. Mayoritas juga beranggapan bahwa senyawa ini akan mudah menjangkiti orang-orang di usia tua saja.

Faktanya, kolesterol tidak melulu bersifat merusak tubuh maupun menghampiri kaum paruh baya ke atas saja, lho. Kolesterol pada dasarnya dibagi menjadi dua, yakni kolesterol baik atau HDL (high density lipoprotein) dan kolesterol jahat alias LDL (low density lipoprotein). Tubuh manusia sejatinya tetap membutuhkan senyawa kompleks yang diproduksi oleh hati ini guna membuat beraneka ragam hormon dan sel di dalam tubuh. Jadi, kolesterol akan selalu ada di dalam tubuh manusia manapun terlepas dari jenisnya yang merugikan atau tidak maupun dari faktor usia.

Nah, untuk jenis kolesterol jahat, Ia biasanya datang dari asupan makanan tertentu yang biasa Anda makan, B’timers. Contoh makanan dengan kandungan kolesterol jahat yang tinggi adalah daging kambing, seafood, jeroan, mentega coklat, hingga keju dan makanan bersantan. Kalau tubuh sudah dipenuhi oleh banyak kolesterol jahat, maka dapat dipastikan tubuh akan mudah terserang penyakit berbahaya seperti darah tinggi, stroke, hingga serangan jantung yang mematikan. Wah, seram kan, B’timers?

Namun tak perlu khawatir, Anda tetap dapat mengonsumsi makanan-makanan di atas kok, asalkan jangan terlalu berlebihan. Imbangi juga konsumsi makanan di atas dengan olahraga serta konsumsi sayuran pereda kolesterol berikut ini.

Ada sayuran hijau seperti bayam dan buncis yang akan ampuh dalam mengusir segala bentuk kolesterol jahat dalam tubuh Anda. Keduanya merupakan sayuran yang memiliki kandungan lemak rendah dan dipercaya dapat menurunkan LDL secara efektif bila dikonsumsi rutin setiap hari. Begitu pula dengan sayuran seledri yang di Indonesia populer sebagai campuran bahan dalam sup maupun masakan lainnya. Seledri akan menyuplai tubuh Anda dengan pasokan antioksidan yang menghalau proses oksidasi kolesterol jahat di dalam tubuh. Jadi, tak hanya menambah rasa pada makanan, namun seledri juga bisa membuat LDL hengkang dari kehidupan Anda. 

Jadi Ini Sayuran Pereda Kolesterol yang Mutakhir | Breaktime
sayuran hijau yang penuh manfaat

Selanjutnya, Anda juga bisa mengonsumsi kacang-kacangan mulai dari kacang almond, mede, kenari, hazelnut, hingga kacang panjang. Kandungan serat yang tinggi pada kacang-kacangan ini akan sangat baik dalam memperlambat proses penyerapan LDL pada tubuh Anda. Selain itu, kacang-kacangan juga baik untuk mencegah terjadinya penyakit jantung melalui kandungan magnesium dan phytochemical yang dimilikinya.

Dan bagi Anda pecinta olahan tempe dan tahu, Anda patut bergembira karena kedelai juga termasuk dalam sayuran pereda kolesterol yang mutakhir. Kedelai diperkaya dengan zat bernama isoflavin yang berfungsi sebagai penghambat perkembangan kolesterol jahat di dalam tubuh Anda. So, Anda pun tak perlu ragu lagi untuk memasukkan aneka makanan olahan kedelai ke dalam daftar asupan makanan harian Anda.

B’timers, ternyata sayuran pereda kolesterol dapat dengan mudah ditemukan di sekitar kita, ya? Tak hanya tersedia dimana-mana, buktinya deretan sayuran di atas pun juga tak akan membuat kantong menjadi bolong karena harganya relatif murah meriah. Kini, setelah tahu jajaran sayuran mana saja yang dapat membantu membasmi LDL dalam tubuh, Anda pun harus jadi lebih rajin mengonsumsi mereka oke? (kps)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE