Intip Bagaimana Kerja Tubuh Saat Anda Tidur,Yuk! | Breaktime
Intip Bagaimana Kerja Tubuh Saat Anda Tidur, Yuk!
19.04.2016

Tidur adalah salah satu kegiatan wajib untuk mengistirahatkan sel-sel tubuh dan membantunya kembali ke kondisi normal. Tetapi, pernahkah B’timers berpikiran, apa saja sih yang dilakukan tubuh Anda selama tidur? Nah, penjelasan singkat ini akan membuat mata dan hati Anda terbuka bagaimana sempurnanya tubuh B’timers tetap bekerja meskipun kala Anda tertidur.

Bola mata

Meskipun mata Anda terpejam selama tidur, bukan berarti bola mata tidak berhenti bergerak. Bola mata B’timers akan terus bergerak hingga 1000 mikroskopik gerakan per detik. Gerakan cepat dari bola mata ini disebut dengan Rapid Eye Movement (REM).

Intip Bagaimana Kerja Tubuh Saat Anda Tidur,Yuk! | Breaktime
Meskipun terpejam ternyata tetap aktif bergerak, lho!

Otak

Sel-sel otak Anda masih rajin beraktivitas selama Anda tidur. Otak B’timers akan membentuk memori baru yang terjadi selama seharian. Otak juga menghubungkan ingatan baru dengan ingatan lama Anda selama tidur. Selain itu, otak akan membersihkan racun yang memicu penyakit seperti Alzeimer’s.

Jantung

Selama Anda tidur, jantung setidaknya cukup memiliki waktu untuk beristirahat. Detak jantung akan melambat setidaknya 10 hingga 30 degup jantung dibandingkan saat Anda berada dalam kondisi terjaga. Hal ini diiringi pula dengan hembusan napas yang melambat selama tidur.

Ginjal

Ginjal bekerja sama dengan jantung turut memperlambat kerjanya sedikit demi sedikit selama Anda tidur. Ginjal memproduksi urin dalam kecepatan rendah selama Anda tidur. Hal ini menyebabkan warna urin setelah Anda bangun pagi selalu pekat dan lebih gelap ketika Anda terjaga.

Intip Bagaimana Kerja Tubuh Saat Anda Tidur,Yuk! | Breaktime
Pilih posisi tubuh nyaman agar tidak menekan kerja tubuh Anda

Otot

Ternyata selama B’timers tidur, justru otot yang paling aktif bekerja, lho! Tubuh Anda akan memproduksi hormon yang disalurkan oleh pembuluh darah untuk membentuk dan meregenerasi otot Anda. Maka Anda membutuhkan tidur yang cukup setelah melakukan olahraga.

Tekanan darah

Tekanan darah B’timers seperti halnya jantung yang melambat selama Anda tidur. Jantung yang memompa darah lebih sedikit membuat tekanan darah Anda akan menurun pula selama tidur. Tekanan darah yang menurun selama tidur dikenal dengan ‘nocturnal dipping’.

Sistem pencernaan

Sistem pencernaan B’timers akan turut melambat selama Anda tidur. Hal ini menyebabkan tubuh Anda mencegah pembentukan energi dari makanan yang telah Anda konsumsi. Itulah alasan kenapa mengonsumsi makanan sebelum tidur akan memicu naiknya berat badan Anda.

Intip Bagaimana Kerja Tubuh Saat Anda Tidur,Yuk! | Breaktime
Hindari makan berat sebelum tidur untuk melancarkan sistem pencernaan

Suhu  tubuh

Tidur akan membuat suhu tubuh Anda turun sekitar 1-2 derajat Celcius. Meskipun terlihat kecil namun ternyata memberikan dampak dahsyat pada tubuh Anda. B’timers akan dapat dengan mudah tidur terlelap bila suhu tubuh Anda cukup rendah.

Rambut

Tidur membantu kelenjar pineal memproduksi antioksidan tinggi yang disebut topical melatonin. Antioksidan tersebut membantu memicu pertumbuhan rambut pada tubuh Anda. Tidak heran B’timers akan menemui tumbuhnya kumis kecil setelah semalaman tidur.

Wah, sangatlah hebat tubuh Anda mampu bekerja sedemikian rupa mengembalikan diri ke kondisi normal selama Anda tidur. Selain itu, tubuh yang beristirahat memberikan kesempatan Anda untuk tetap sehat setiap hari. Sayangilah tubuh Anda maka dia akan memberikan yang terbaik hanya untuk B’timers! (ft)

Share This Article