Inilah Tanda dan Solusi Alergi Pada Anak! | Breaktime
Inilah Tanda dan Solusi Alergi Pada Anak!
11.12.2016

Alergi adalah hal yang lumrah dan sering terjadi ketika Anda masih kecil. Alergi dipicu oleh sistem kekebalan tubuh yang melakukan kesalahan dalam mengenali zat-zat yang dinilai berbahaya untuk tubuh. Reaksi yang ditimbulkan oleh zat antibodi tersebut bermacam-macam, mulai dari bersin-bersin, muncul ruam yang gatal hingga diare. Akan tetapi ada kalanya alergi tersebut berubah menjadi reaksi alergi berat yaitu anafilaksis. Bagaimanakah gejala dan penanggulangan alergi pada anak?

Baca juga : TOFU CHOCOLATE CAKE UNTUK ANAK ALERGI PROTEIN

Alergi pada anak, dalam hal ini anafilaksis ditimbulkan akibat hipersensitivitas dari zat lgE dan histamin yang mengalami kontak dengan zat-zat penyebab alergi. Sedangkan gejala yang timbul akibat reaksi alergi berat tersebut tidak jarang membuat Anda sebagai orangtua merasa ketakutan dan khawatir. Gejala-gejala tersebut antara lain timbulnya ruam-ruam gatal di sekujur tubuh anak, anak mengalami sesak napas yang menimbulkan bunyi saat ia bernapas, pembengkakan pada bibir dan wajah, bibir berubah warna menjadi biru, suara anak menjadi serak atau mendadak ia kehilangan suara, pembengkakan saluran tenggorokan sehingga membuat ia sukar menelan makanan, sakit perut yang juga dapat disertai dengan perasaan mual hingga muntah. Pada kasus ekstrim, anak Anda dapat jatuh pingsan. 

Inilah Tanda dan Solusi Alergi Pada Anak! | Breaktime
Lakukan pertolongan pertama untuk penanganan alergi anak

Dalam keadaan demikian, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah tidak panik. Selanjutnya, jika anak Anda mengalami sesak napas aturlah posisinya baik dengan medudukkan maupun membaringkan posisi tidur si kecil hingga menghadap ke sisi kanan atau kiri untuk melancarkan saluran pernapasan.  Periksa jalur pernapasan anak untuk antisipasi kemungkinan terdapat objek-objek yang menyumbat tenggorokan. Berhati-hatilah untuk menghindari resiko anak Anda tersedak. Jika ujung kaki dan ujung tangan anak terasa dingin, hangatkan tubuh anak Anda dengan menyelimutinya dengan selimut.

Demikianlah gejala serta penanganan gejala alergi pada anak (anafilaksis).  Harap diperhatikan bahwa tindakan-tindakan di atas memiliki sifat pertolongan pertama saja. Untuk pertolongan lebih lanjut, harap segera bawa anak Anda ke dokter atau ke unit gawat darurat di rumah sakit terdekat. (DKP)



artikel kompilasi
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE