Inilah Panduan Cara Menyusui Yang Benar! | Breaktime
Inilah Panduan Cara Menyusui Yang Benar!
13.12.2016

Bagi B’Timers yang baru saja memiliki anak, selamat ya! Anda tentunya telah menghadapi perjuangan yang cukup berat selama 9 bulan untuk memastikan bahwa bayi yang Anda kandung mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkannya untuk tumbuh sehat hingga hari kelahiran tiba. Perjuangan Anda belum selesai, karena anak Anda masih membutuhkan nutrisi yang hanya bisa ia dapatkan dari ASI. Akan tetapi, perkara menyusui bukanlah hal yang mudah, terutama bagi Anda yang baru saja dikaruniai seorang anak.  Lalu, bagaimanakah cara menyusui anak yang benar?

Memperhatikan cara menyusui buah hati sangatlah penting, karena kesalahan memposisikan bayi dapat mengakibatkan ketidaknyamanan yang membuat ia menjadi rewel, bahkan tidak mungkin bayi tersedak di tengah-tengah menyusu. Anda pun akan mengalami kesulitan untuk menyusui dan kegiatan yang seharusnya menjadi salah satu kegiatan membangun ikatan antara ibu dan anak ini pun menjadi tidak menyenangkan. 

Baca juga : CARA MENYUSUI YANG BENAR AGAR BAYI TAK TERSEDAK

Oleh karena itu, hal terpenting yang harus Anda perhatikan adalah posisi menyusui. Perhatikan posisi kepala bayi, posisi dari kepala bayi harus lebih tinggi dibandingkan tubuhnya. Dengan demikian akan mempermudah bayi dalam menelan ASI. Sanggalah tubuh bayi dengan menggunakan tangan, atau Anda dapat menggunakan alas bantal sehingga tangan Anda tidak pegal. Selanjutnya, arahkan hidung bayi sehingga sejajar dengan tinggi puting susu, dan secara naluriah bayi akan membuka mulutnya.

Inilah Panduan Cara Menyusui Yang Benar! | Breaktime
Cara menyusui yang benar mempengaruhi kenyamanan, lho!

Ketika bayi Anda mulai membuka mulutnya, perlahan-lahan dekatkan bayi ke arah payudara dan tunggu hingga mulutnya terbuka lebar dengan posisi lidah ke area bawah. Anda juga dapat mempercepat proses dengan menyentuh bagian atas bibir secara lembut sehingga merangsang bayi untuk membuka mulutnya.

Posisi perlekatan yang terbaik untuk menyusui bayi adalah perlekatan asimetris, dimana posisi mulut bayi tidak hanya menempel pada puting payudara, tetapi juga meliputi area bawah puting payudara selebar mungkin. Anda dapat mengetahui benar tidaknya teknik menyusui bayi dari timbul tidaknya sensasi nyeri pada bagian payudara. Perlekatan asimetris yang benar tidak akan menimbulkan rasa nyeri saat proses menyusui berlangsung, Anda juga dapat mendengar suara bayi saat ia menelan cairan ASI.

 Jika Anda merasakan nyeri, bisa jadi teknik yang Anda gunakan belum tepat. Anda dapat memperbaiki posisi menyusui dengan cara memasukkan jari kelingking ke arah gusi bayi dan puting. Dengan demikian, Anda dapat mencoba ulang teknik perlekatan yang lebih baik. Menyusui bayi memang susah-susah gampang, beberapa ibu muda dapat melakukannya dengan benar setelah mencobanya sekali, akan tetapi tidak jarang Anda harus mencoba berkali-kali hingga Anda menguasai teknik menyusui yang benar. 

Baca juga : BERHENTI MENYUSUI? INI TIPS MENGATASI ALERGI ASI!

Pada umumnya, rentang waktu yang digunakan untuk menyusui berkisar antara 5 hingga 40 menit hingga sangatlah penting bagi Anda untuk duduk dengan posisi yang nyaman dan memastikan bahwa bayi Anda juga dapat menyusu dengan nyaman.

Demikianlah panduan cara menyusui bayi yang benar untuk ibu-ibu muda. Anda juga dapat menggunakan perlengkapan-perlengkapan menyusui untuk mempermudah proses menyusui seperti menggunakan bantal menyusui atau mengenakan bra yang dirancang khusus untuk ibu-ibu yang menyusui. Bra ini memiliki desain berupa kait atau kancing di bagian depan yang dapat dibuka. Bra menyusui ini tidak hanya berfungsi untuk menghindari terjadinya penyumbatan saluran asi, tetapi juga berfungsi untuk mencegah terjadinya peradangan jaringan payudara.  (DKP)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE