Inilah Manfaat Lain Cabai Merah untuk Obat Batuk | Breaktime
Inilah Manfaat Lain Cabai Merah untuk Obat Batuk
15.09.2016

Cabai adalah salah satu bumbu dapur yang disukai oleh banyak orang. Rasanya yang pedas justru membuat selera makan bertambah. Namun tahukah Anda bahwa ternyata cabai, khususnya cabai merah, bisa Anda jadikan sebagai obat alami untuk menyembuhkan batuk.

Batuk adalah satu hal yang mengganggu berbagai kegiatan Anda sehari-hari. Batuk sering menyerang saat kondisi tubuh Anda sedang tidak fit atau pada saat kondisi cuaca yang berubah-ubah. Batuk tidak hanya menganggu si penderita tetapi juga sangat mengganggu orang-orang di sekitarnya.

Selain dengan minum obat-obatan yang dijual di apotek, Anda bisa mengobati batuk dengan mengonsumsi cabai merah atau membuat cabai sebagai bahan dasar pereda batuk. Cabai merah mengandung capsaicin yang merupakan komponen aktif yang dapat menimbulkan rasa terbakar pada bagian tubuh yang terbuka.

Baca juga : HMM, TOPI DAPAT SEBABKAN KEBOTAKAN? INI TIPSNYA!

Sifat yang diberikan oleh capsaicin antara lain anti-inflamasi, alergi, anti-jamur, dan anti-iritasi. Selain itu, cabai merah juga mengandung vitamin C tinggi yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan juga mengandung vitamin A, vitamin B6, dan beta karoten yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, seperti mengobati batuk dan pilek.

Inilah Manfaat Lain Cabai Merah untuk Obat Batuk | Breaktime
Bahan alami untuk mengobati batuk

Adapun cara untuk menjadikan cabai merah sebagai bahan dasar obat-obatan herbal dan alami adalah sebagai berikut.

  1. Siapkan dua sendok makan jus lemon.
  2. Tambahkan sedikit bubuk cabai merah pada air jus lemon tersebut.
  3. Campurkan dengan air hangat dan tambahkan sedikit madu untuk mengurangi rasa asam dan pedas yang dihasilkan dari cabai dan lemon.
  4. Minumlah campuran lemon, bubuk cabai merah, dan madu sehari tiga kali hingga batuk Anda sembuh.

Nah, bagaimana B’timers? Ternyata cabai merah tidak hanya berfungsi sebagai bumbu dapur dan meningkatkan nafsu makan, tetapi juga sangat baik untuk kesehatan dan kekebalan tubuh Anda. Khususnya untuk Anda yang sedang sakit batuk dan pilek. (vpd)

Share This Article