Inilah Khasiat Kuning Telur Yang Luar Biasa! | Breaktime
Inilah Khasiat Kuning Telur Yang Luar Biasa!
18.12.2016

B’Timers, apakah Anda termasuk cukup rutin dalam mengkonsumsi telur? Telur adalah salah satu sumber protein terbesar yang sangat bermanfaat untuk menjaga agar tubuh tetap sehat. Baik bagian kuning maupun bagian putih telur memiliki kandungan gizi yang berbeda, walaupun jika Anda membutuhkan asupan protein tinggi maka sebaiknya Anda semakin sering mengkonsumsi bagian kuning telur. Apa sajakah khasiat kuning telur?

Baca juga : POACHED EGG, CARA BARU MENIKMATI TELUR!

Khasiat kuning telur sudah pasti sangat banyak dan hampir lengkap dibandingkan dengan bagian putih telur, sehingga tidak mengherankan jika produk hewani ini dijuluki sebagai salah satu makanan super. Salah satu unsur nutrisi yang terkandung di dalam kuning telur adalah vitamin B kompleks yang berfungsi untuk menjaga agar sistem metabolisme tubuh dapat berjalan dengan lancar. Vitamin B kompleks juga bertanggung jawab untuk merawat sel-sel yang terdapat pada organ-organ tubuh sehingga menjamin organ-organ tubuh dapat berfungsi sebagaimana mestinya. 

Selain itu, kuning telur juga mengandung vitamin D yang berfungsi untuk memaksimalkan penyerapan kalsium untuk tulang sehingga tulang menjadi lebih padat dan tidak mudah keropos atau patah. Selain itu, vitamin D juga membantu membangun sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh Anda lebih fit dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Vitamin D di dalam kuning telur juga berfungsi sebagai zat antioksidan yaitu zat yang dapat membantu menghambat kemunculan maupun menghentikan pertumbuhan sel-sel kanker. Vitamin-vitamin lain yang terdapat pada kuning telur antara lain vitamin A, E, dan K.

Inilah Khasiat Kuning Telur Yang Luar Biasa! | Breaktime
Kuning telur, si makanan super!

Kuning telur memiliki kandungan kolin yang tinggi, dimana ia berperan sebagai zat yang merawat sel-sel otak serta membantu pertumbuhan sel-sel otak, sehingga otak Anda memiliki peningkatan dalam menyimpan memori. Selain itu, kolin juga sangat bermanfaat untuk perkembangan otak pada janin. Selain membantu perkembangan otak, kolin juga membantu menjaga kesehatan fungsi jantung dan kardiovaskular sehingga Anda dapat terhindar dari resiko terkena serangan jantung dan penyakit-penyakit lain yang dapat mengancam sistem kardiovaskular Anda. Kolin juga berfungsi sebagai benteng tubuh terhadap radikal bebas, terutama pada wanita dimana dengan mengkonsumsi kuning telur secara rutin dapat meningkatkan kadar kolin dan mencegah terjadinya kanker payudara.

Beberapa orang tidak jarang merasa ragu-ragu dalam mengkonsumsi kuning telur karena kabarnya kuning telur memiliki kandungan lemak kolesterol yang sangat tinggi. Memang, telur terutama pada bagian kuning telur memiliki konsentrasi lemak jenuh yang cukup tinggi. Akan tetapi jenis lemak jenuh yang terdapat pada kuning telur termasuk jenis lemak yang dapat dengan mudah dikonversi oleh tubuh menjadi jenis lemak tak jenuh yang mudah diserap oleh tubuh.

Baca juga : TELUR AYAM VS TELUR BEBEK, MANA YANG LEBIH BAIK?

 Bagi Anda pengidap penyakit kolesterol, tidak ada salahnya Anda mengkonsumsi kuning telur karena lemak pada kuning telur dapat meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik, dan dengan kombinasi konsumsi makanan dan olahraga yang tepat, Anda akan terhindar dari resiko terkena penyakit jantung, stroke, infeksi hati, dan penyakit-penyakit lain yang disebabkan oleh penumpukan kolesterol jahat.

Kuning telur memiliki kandungan zat karotenoid yang cukup tinggi, dimana zat tersebut adalah zat yang sangat bermanfaat untuk merawat kesehatan mata. Dengan kadar karotenoid yang cukup, mata Anda akan terhindar dari gejala-gejala penuaan, seperti penyakit rabun atau katarak yang pada umumnya terjadi ketika Anda memasuki usia menopause.

Ternyata ada banyak sekali khasiat kuning telur,ya? Tidak ada salahnya nih untuk mengkonsumsi kuning telur sebagai menu sarapan! (dkp)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE