Inilah Cara Meningkatkan Kualitas Tidur Malam | Breaktime
Inilah Cara Meningkatkan Kualitas Tidur Malam
08.12.2016

Tidur malam adalah aktivitas yang sangat penting dan dibutuhkan oleh tubuh dan psikis Anda. Ketika Anda tidur, sel-sel di dalam tubuh Anda akan melakukan perbaikan jaringan-jaringan tubuh yang rusak, otak Anda pun akan beristirahat setelah seharian penuh bekerja non-stop, dan stamina Anda pun akan terisi sehingga ketika Anda bangun di pagi hari Anda akan merasa segar bugar dengan pikiran yang jernih dan siap untuk menghadapi tantangan di hari baru. Pada umumnya, tubuh membutuhkan waktu selama 7 hingga 8 jam untuk beristirahat secara penuh namun tidak jarang Anda mengalami masalah tidur atau insomnia sehingga mengakibatkan kualitas tidur malam Anda menjadi tidak efektif. Bagaimanakah cara meningkatkan kualitas tidur yang baik?

Baca juga : SULIT TIDUR? INI ALASAN ANEH ANDA TAK BISA TIDUR!

Sangatlah penting bagi Anda untuk mengetahui cara meningkatkan kualitas tidur, karena jika Anda mengalami insomnia atau kurang tidur secara tidak langsung hal tersebut dapat merugikan kesehatan Anda. Berbagai macam penyakit dapat menyerang Anda yang mengalami kesulitan tidur, antara lain obesitas, tekanan darah tinggi, serta ketidakseimbangan mood yang dapat berujung pada depresi.  Oleh karena itu, sangatlah penting bagi Anda untuk memperhatikan hal-hal berikut untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

  • Apakah Anda seorang coffee-addict? Jika ya, maka ada baiknya Anda mulai mengurangi asupan kopi harian Anda. Kandungan kafein yang sangat kuat di dalam kopi dapat mengakibatkan syaraf Anda terjaga dalam jangka waktu 8 jam. Jadi, jika Anda tidak berniat untuk melakukan lembur ada baiknya Anda menghindari asupan kopi mulai dari empat hingga enam jam sebelum Anda tidur. Sebaliknya, Anda dapat mengganti kopi dengan minuman susu hangat untuk membantu tubuh Anda menjadi lebih rileks dan mempercepat rasa mengantuk 
Inilah Cara Meningkatkan Kualitas Tidur Malam | Breaktime
Ingin tidur nyenyak? Hindari kopi, yuk!
  • Olahraga tidak hanya berfungsi untuk membakar lemak dan menurunkan berat badan, tetapi ia juga dapat membantu Anda agar mendapatkan tidur yang lelap di malam hari. Jika Anda termasuk orang yang energik, olahraga di pagi hari atau di sore hari dapat membantu mengurangi energi yang tersimpan di dalam tubuh Anda sehingga ketika malam tiba, Anda dapat tidur dengan lebih nyenyak. Selain itu, Anda juga dapat melakukan alternatif olahraga lain seperti yoga dan tai chi
  • Mungkin Anda baru saja mengalami hari yang sangat melelahkan di tempat kerja, baik secara fisik maupun psikis, akan tetapi begitu Anda berganti pakaian dengan pakaian tidur dan menjejakkan kaki ke kamar tidur di saat yang sama Anda harus menanggalkan berbagai macam masalah dan memberikan otak Anda kesempatan untuk rileks dapat membantu Anda untuk tidur lebih nyenyak. Untuk membantu otak Anda beristirahat, Anda dapat membaca bacaan-bacaan yang santai, meditasi, atau dengan menyalakan aroma terapi
  • Mengkondisikan suasana tempat tidur sangatlah penting lho, B’Timers! Jika Anda adalah tipe orang yang sangat peka dengan cahaya maupun suara yang dapat mengganggu tidur malam Anda, maka yang harus Anda lakukan adalah mematikan saluran televisi, dan mematikan lampu kamar. Keadaan kamar yang gelap akan memberikan waktu bagi mata untuk beristirahat lebih maksimal dan keadaan ruangan yang hening dapat membantu Anda untuk menjadi lebih rileks. Atau jika Anda adalah orang yang tidak nyaman dengan atmosfir sunyi, Anda dapat menyalakan televisi atau radio dengan musik klasik yang santai, namun pastikan volume suaranya tidak terlalu keras
  • Jika Anda memiliki hewan peliharaan seperti kucing atau anjing tentunya sangatlah menggoda untuk mengajak mereka tidur di atas kasur bersama Anda. Akan tetapi, tanpa Anda sadari hal tersebut dapat berdampak pada kenyamanan tidur Anda. Jika Anda adalah tipe orang yang mudah terbangun dengan gerakan sekecil apapun, ada baiknya Anda menyediakan tempat tidur yang terpisah untuk hewan peliharaan Anda, karena tentunya Anda tidak ingin tidur Anda terganggu karena gerakan dari hewan kesayangan Anda, bukan?

Nah, demikianlah cara meningkatkan kualitas tidur yang dapat Anda praktekkan. Tidur nyenyak malam ini ya, B’Timers! (dkp)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE