Cegah Kanker Payudara? Begini Cara Mudahnya! | Breaktime
Inilah Cara Alami yang Ampuh Cegah Kanker Payudara
14.08.2015

B’timers tentu ingin menikmati hidup dengan tubuh yang sehat dan hati yang bahagia, bukan? Namun, kita sulit mengindar ketika penyakit sudah datang menyerang. Dan salah satu penyakit yang paling berbahaya adalah kanker. Di Indonesia sendiri, kanker payudaralah yang menjadi salah satu penyakit pembunuh yang paling mematikan. Tetapi, sebenarnya kanker payudara bisa dicegah bahkan dengan cara alami, kok! Breaktime berbagi strateginya khusus untuk Anda:

Kurangi konsumsi gula dan makanan yang diproses

Menormalkan kadar insulin dan leptin dengan menghindari gula dan fruktosa adalah salah satu cara paling powerful untuk menurunkan resiko kanker.

Mengoptimalkan asupan vitamin D

Idealnya, asupan vitamin D adalah lebih dari 50 ng/ml, namun kadar 70-100 ng/ml adalah yang terbaik untuk mengurangi resiko kanker. Sinar matahari adalah sumber terbaik untuk meningkatkan vitamin D.

Menjaga berat badan juga bisa mencegah kanker
Menjaga berat badan juga bisa mencegah kanker

Jaga berat badan ideal

Menurunkan berat badan berlebih sangatlah penting, sebab estrogen diproduksi di dalam jaringan lemak. Nah, ini bisa terjadi secara alami jika Anda menjalankan pola makan yang benar dan rutin berolahraga.

Banyak mengonsumsi lemak omega-3 hewani

Tahukah Anda? Kurangnya asupan Omega-3 untuk tubuh bisa jadi salah satu faktor utama yang memicu penyakit kanker. Karena itulah, perbanyak konsumsi Omega-3.

Hindari minum alkohol

Alkohol juga bisa menjadi pemicu munculnya penyakit kanker. Hindari atau kurangi minuman beralkohol, untuk wanita bisa membatasi minum minuman beralkohol sekali dalam satu hari.

Menghindari minum minuman beralkohol mengurangi resiko kanker
Menghindari minum minuman beralkohol mengurangi resiko kanker

Perhatikan kadar zat besi berlebih

Sebenarnya ini merupakan penyebab utama seorang wanita berhenti menstruasi. Zat besi yang berlebih juga bisa bekerja seperti oksidan yang kuat, meningkatkan radikal bebas dan memperbesar resiko kanker.

Tidur nyenyak dengan waktu yang cukup

Waktu tidur ideal adalah 6-8 jam sehari. Karena fluktuasi hormon terjadi pada siang dan malam hari, jika siang hari Anda banyak melakukan aktivitas, tidur nyenyak di malam hari akan membantu menjaga keseimbangan hormon.

Nah, itulah cara-cara alami untuk mencegah kanker payudara. Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati? Sayangi tubuh dan jaga kesehatan B’timers.

Share This Article