Inilah Alasan Mengapa Sunblock Wajib Dipakai Setiap Hari | Breaktime
Inilah Alasan Mengapa Sunblock Wajib Dipakai Setiap Hari
19.08.2015

Mungkin kita tak menyadari, bahwa paparan sinar matahari sangatlah kuat dan bisa memberikan dampak buruk bagi kulit. Ya, radiasi sinar matahari memang berbahaya, B’timers, apalagi jika langsung terkena kulit kita. Nah, salah satu cara terbaik untuk melindungi kulit adalah dengan memakai sunscreen atau sunblock. Lalu, apa saja manfaat sunblock untuk kulit?

Mencegah kanker kulit

Sunblock bisa melindungi kulit dari sinar ultraviolet atau UV ray. Dua jenis UV ray adalah UVA dan UVB, keduanya berpotensi menyebabkan kerusakan pada kulit. Menurut Centers for Disease Control and Prevention, perlindungan dari UV ray sangat diperlukan untuk mencegah munculnya kanker kulit. Skin Cancer Foundation juga merekomendasikan setiap orang untuk memakai sunscreen, tak peduli apapun warna kulitnya.

Mencegah penuaan dini

Berdasarkan artikel yang diterbitkan dalam Annals of Internal Medicine pada bulan Juni 2013, dari penelitian yang dilakukan pada orang berusia di bawah 55 tahun, 24 persen di antaranya yang rutin memakai sunblock mengalami penuaan lebih lambat, jika dibandingkan mereka yang memakai sunblock seperlunya saja. Tak hanya itu, menurut National Institute on Aging, memakai sunblock juga membantu mencegah munculnya flek tanda penuaan.

Sunblock juga membantu mencegah penuaan dini
Sunblock juga membantu mencegah penuaan dini

Menjaga kulit agar tidak “terbakar”

Akibat UV ray, kulit bisa berubah warna jadi merah, membengkak dan mengelupas setelah terbakar sinar matahari terlalu lama. Terkadang, kerusakan kulit yang ditimbulkan bisa jadi permanen dan meningkatkan resiko kanker kulit. Karena itulah, sangat penting memakai sunscreen agar kulit tidak mudah terbakar dan mengalami kerusakan permanen.

Untuk mendapatkan perlindungan maksimal, Anda perlu memilih sunblock yang tepat. Saat akan membeli sunblock, pastikan membaca labelnya terlebih dahulu dengan teliti. Pilih sunblock yang memiliki minimal SPF 15. Selain itu, agar kulit tetap terjaga, selalu pakai ulang sunblock setiap 40 atau 80 menit, terutama ketika Anda berenang atau berkeringat.

Anda juga perlu memastikan sunblock tidak mengandung bahan yang bisa memicu alergi pada kulit, terutama jika kulit Anda sensitif. So, love your skin and protect it well from the sun, B’timers.

Share This Article