Inilah 6 Makanan Sehat Untuk Jantung | Breaktime
Inilah 6 Makanan Sehat Untuk Jantung
17.05.2017

Selama bertahun-tahun, penyakit jantung koroner tetap bertahan menjadi penyakit pembunuh nomor 1 di seluruh dunia, terutama di developing countries, salah satunya di Indonesia. Penyebab utama dari penyakit jantung adalah menyempitnya pembuluh darah arteri yang disebabkan oleh adanya penumpukan plak-plak kolesterol. Akumulasi dari plak-plak kolesterol tersebut  kemudian mengakibatkan penyumbatan yang memblokir pasokan oksigen ke jantung. Melemahnya sel-sel serta otot di jantung itulah yang memicu terjadinya serangan jantung. Untungnya, masyarakat yang tinggal di negara-negara maju telah semakin menyadari bahwa ancaman dari penyakit mematikan ini bisa ditanggulangi dengan memulai gaya hidup sehat, salah satunya adalah dengan banyak mengkonsumsi makanan sehat untuk jantung.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Lakukan Hal Ini Untuk Memiliki Jantung Sehat

Dan apa saja ya makanan sehat untuk jantung yang baik untuk dikonsumsi setiap hari? Basically, makanan-makanan ini merupakan makanan yang tidak melalui terlalu banyak proses pengolahan dan masih memiliki bentuk alaminya. Memperbanyak konsumsi kacang-kacangan seperti kacang walnuts dan almond dapat membantu mengurangi resiko Anda terkena penyakit jantung. Kacang walnut memiliki lemak omega 3, serat, vitamin E, dan asam folat. Nutrisi-nutrisi tersebut dapat membantu merawat sel-sel jaringan jantung agar tetap sehat dan kuat. Hanya saja, rasa dari kacang walnut memang sedikit pahit, jadi bagi Anda yang tidak menyukai rasa pahit maka Anda dapat memilih alternatif kacang-kacangan lain. . .

. . . yaitu kacang almond. Kacang almond memiliki kerenyahan dan kandungan nutrisi yang kurang lebih sama dengan kacang walnut. Satu-satunya perbedaan kacang almond dari walnut adalah, almond memiliki rasa gurih yang tidak disertai dengan rasa pahit. 

Inilah 6 Makanan Sehat Untuk Jantung | Breaktime
Konsumsi makanan sehat untuk jantung berikut, yuk

Makanan lain yang dapat Anda konsumsi untuk merawat kesehatan jantung Anda adalah Chia seeds. Sumber dari lemak nabati omega 3 ini sangat membantu dalam mengurangi jumlah kolesterol jahat dalam darah, sekaligus mencegah terbentuknya plak di dinding pembuluh darah arteri. Untuk mengkonsumsi chia seeds, Anda dapat menyantapnya dengan plain yoghurt, atau menaburkannya pada salad sayur atau sup sayur Anda. So easy kan, B’Timers?

Pahitnya teh hijau sepadan dengan ribuan manfaat yang dapat Anda peroleh. Selain membantu untuk meningkatkan daya metabolisme tubuh dan mempercepat proses pembakaran lemak, konsumsi teh hijau secara rutin dapat membantu merendahkan tekanan darah, dan membantu mencegah terjadinya penggumpalan darah, yang dapat membahayakan kesehatan organ jantung Anda.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
6 Jenis Makanan Sehat yang Baik untuk Jantung

Anda juga sebaiknya memasukkan buah apel ke dalam menu diet Anda, B’Timers. Buah apel yang dikonsumsi bersama dengan kulitnya dapat membantu membentengi tubuh Anda dari ancaman radikal bebas. Selain itu, zat pectin di dalam buah apel juga membantu kontrol kadar kolesterol Anda, dengan cara membatasi penyerapan kolesterol sekaligus membantu membuang kadar kolesterol berlebih di dalam darah keluar dari dalam tubuh. Penelitian membuktikan bahwa seseorang yang mengkonsumsi satu butir apel tiap harinya akan mengalami penurunan kadar kolesterol LDL sebanyak 40%.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Waspada, Ini Penyebab Sakit Jantung di Usia Muda!

Selain buah apel, buah alpukat juga mengandung zat nutrisi yang dapat membantu merawat kesehatan jantung Anda. Buah alpukat merupakan sumber dari monounsaturated fats, atau lemak HDL yang membantu mengontrol kadar lemak LDL di dalam darah. At the same time, nutrisi di dalam alpukat juga membantu mencegah proses pengentalan darah. Eits, sayangnya buah ini memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi, yaitu sekitar 240/buah berukuran sedang. Jadi, eat in moderation ya, B’Timers.

Selain mengkonsumsi makanan sehat untuk jantung di atas, jangan lupa juga untuk mengimbanginya dengan olahraga secara rutin. Good luck. (dkp)



artikel kompilasi
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE