Ini yang Akan Terjadi pada Otak Saat Anda Dibius | Breaktime
Ini yang Akan Terjadi pada Otak Saat Anda Dibius
24.02.2017

Saat mendengar seorang kerabat akan menjalankan operasi, apa yang muncul dalam pikiran Anda, nih, B’timers? Begitu dokter anastesi memberikan obat bius, Anda akan diperintah untuk melakukan hitung mundur dari angka 100. Namun tidak berselang lama tingkat kesadaran Anda akan menghilang. Setelah beberapa jam, begitu perlahan kesadaran kembali, Anda tak akan mampu mengingat apa yang sebelum hingga setelah operasi terjadi.

Nah, selama kesadaran menghilang ini apa yang sebenarnya terjadi pada tubuh, khususnya otak, kenapa kita bahkan tidak dapat merasakan sakit dan mengingat apapun, B’timers? Itulah yang sering ditanyakan oleh banyak orang, yang pernah ataupun yang tak pernah menjalani operasi. Apakah aktivitas otak sama seperti di saat kita jatuh tertidur, namun jauh lebih dalam sehingga kita tak sanggup mengingat satu hal pun yang terjadi? Ini jawabannya!

Ini yang Akan Terjadi pada Otak Saat Anda Dibius | Breaktime
Penggunaan obat bius tidak sembarangan, lho, B’timers

Di Amerika Serikat sendiri sekitar 40 juta anestesi atau pembiusan sebelum operasi diberikan pada para pasien, B’timers. Obat bius atau anastesi baru akan dianggap berhasil apabila pasien mendapatkan efek relaksasi pada otot hingga kehilangan kesadaran. Namun yang tidak Anda ketahui adalah, dosis anestesi memiliki peran penting terhadap keberhasilan prosedur anestesi. Terlalu banyak ataupun terlalu sedikit sama buruknya untuk pasien, lho.

Untuk pemberian dosis obat bius itu sendiri bergantung pada dua faktor, B’timers. Yang pertama adalah profil kesehatan pasien serta obat penenang yang akan digunakan untuk membius pasien. Dan biasanya, dokter anestesi akan memberikan kombinasi obat, seperti gas xenon, sevofluran, propofol, lalu ada juga midazolam. Ini dibutuhkan untuk membawa pasien ke dalam kondisi tak sadar. Obat serta dosis berbeda akan menyebabkan efek berbeda pula pada otak.

Sevofluran digunakan untuk mempertahankan ketidaksadaran pasien selama mereka menjalani operasi, B’timers. Obat ini akan mempengaruhi daerah di otak yang terkait dengan penyimpanan memori dalam otak. Menurut penelitian disebutkan bahwa, sevofluran dapat meningkatkan aliran darah ke otak, yang pada akhirnya akan memperlambat kinerja otak pasien. Penelitian lain menambahkan, pemberian obat ini juga mempengaruhi fungsi sensorik dalam tubuh.

Ini yang Akan Terjadi pada Otak Saat Anda Dibius | Breaktime
Sebelum dibius, pasien biasanya diajak berinteraksi dulu

Lalu otak yang ada di dalam pengaruh obat propofol ternyata tidak hanya kehilangan kesadarannya saja, tetapi juga rasa kebas pada tubuh, sehingga pasien tidak merasakan sakit ketika operasi, B’timers. Para peneliti mengungkapkan, propofol berfungsi untuk mengendalikan ketidaksadaran pasien serta tingkat kewaspadaan mereka. Dan menurut sebuah studi oleh European Journal of Anestesiologi, diketahui jika otak akan kehilangan kesadaran saat obat menyebar.

Ketamine yang juga digunakan di dalam obat bius pasien sebelum menjalankan operasi, juga tidak kalah pentingnya dalam menjaga agar pasien tetap tidak sadar selama operasi, B’timers. Pemberian ketamine akan membuat pasien tak sadar, kehilangan sensitifitas panca indera serta kemampuan sensorik lainnya. Bedanya dengan obat yang lain, ketamine tidak akan menyebabkan pasien lupa atau amnesia setelah ia menjalankan operasi yang menggunakan obat bius, kok.

Penggunaan semua obat-obatan ini berguna untuk membantu menenangkan pasien serta memberikan efek penghilang rasa sakit. Dan apabila anak-anak mendapatkan obat bius untuk menjalani operasi, akan ada risiko yang menanti. Anak di bawah usia 4 tahun akan mengalami masalah perkembangan saraf dan perubahan struktur otak. Bahkan cukup besar kemungkinan mereka akan mengalami masalah dengan pemahaman berbahasa, hingga memiliki IQ yang lebih rendah.

Itulah yang terjadi pada otak ketika Anda dibius, B’timers. Sudah tidak penasaran lagi, kan? (NO)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE