Ini Sisi Kesehatan yang Orang Kidal Wajib Tahu! | Breaktime
Ini Sisi Kesehatan yang Orang Kidal Wajib Tahu!
09.10.2016

Hanya dengan jumlah sekitar 10 % dari populasi di seluruh dunia, orang kidal memang merupakan orang yang spesial, ya, B’timers. Seperti kita yang tidak kidal, mereka pun akan merasa kesulitan menggunakan tangan kanannya, lho. Otak serta tubuh orang kidal dapat beroperasi secara berbeda. Namun berikut ini sisi kesehatan yang orang kidal wajib tahu, B’timers!

Ini Sisi Kesehatan yang Orang Kidal Wajib Tahu! | Breaktime
Orang kidal lebih berisiko menderita gangguan mental

Terkait dengan risiko kesehatan mental

Orang-orang yang kidal memiliki risiko lebih besar dari gangguan psikotik, seperti schizophrenia. Hal ini dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan Yale University, B’timers. Dari pasien yang didiagnisa memiliki schizophrenia, kebanyakan dari mereka menulis dengan tangan kiri.

Lebih tinggi akan risiko kanker payudara

Di dalam sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2007 oleh British Journal of Cancer, ditemukan bahwa orang kidal memiliki risiko yang lebih tinggi terkena kanker payudara daripada mereka yang bukan kidal, B’timers. Bahkan risiko tersebut semakin tinggi, setelah menopause.

Baca juga : KEPRIBADIAN MENYENANGKAN DARI SEORANG INTROVERT

Berhubungan juga dengan masalah tidur

Nah, salah satu sisi kesehatan yang orang kidal wajib tahu lainnya, adalah mendapatkan gangguan tidur cukup sering, B’timers. Orang kidal lebih sering menendang dan menyentakkan tangan atau kakinya saat mereka sedang tertidur. Lebih tinggi daripada mereka yang tidak kidal.

Ini Sisi Kesehatan yang Orang Kidal Wajib Tahu! | Breaktime
Hati-hati dengan risiko masalah usus dan pencernaan

Kesehatan umum tidak akan terpengaruh

Para ilmuwan pernah menduga bahwa mereka yang kidal dapat mempengaruhi fungsi kekebalan tubuh, B’timers. Dan hal tersebut dapat meningkatkan risiko gangguan autoimun dalam tubuh. Namun itu tidak terbukti. Hanya saja orang kidal lebih mungkin terkena masalah usus.

Kidal dapat mempengaruhi umur hidup?

Jika dulu pernah mendengar mitos bahwa, orang kidal akan lebih cepat meninggal dibandingkan mereka yang tidak kidal, studi dari University British Columbia menyetujuinya. Namun hanya karena orang kidal merupakan pengendara yang buruk. Selain itu, tidak berpengaruh.

Nah, dengan informasi mengenai sisi kesehatan yang orang kidal wajib tahu, kini Anda tidak penasaran lagi, kan, B’timers? (NO)

Share This Article