Ini Rahasia Menghentikan Cegukan dengan Cepat | Breaktime
Ini Rahasia Menghentikan Cegukan dengan Cepat
14.04.2016

Cegukan merupakan hal menjengkelkan yang tak jelas penyebabnya. Seringkali masalah sepele namun menganggu ini datang secara tiba-tiba dan sulit berhenti dengan sendirinya. Nah, untuk menghentikan cegukan dengan cepat, lakukan teknik rahasia ini, yuk!

Tahan napas

Karena cegukan terjadi di bagian diafragma, menahan napas adalah cara yang cukup ampuh untuk menenangkannya. Tahan napas selama 10 detik, kemudian buas secara perlahan. Lakukan tiga atau empat kali agar cegukan segera berhenti.

Bernapas dalam kantong

Bernapas dalam kantong kertas atau plastik, akan membantu Anda mendapatkan lebih banyak karbondioksia. Sepertu halnya menahan napas, bernapas dalam kantong juga akan menenangkan diafragma Anda.

Ini Rahasia Menghentikan Cegukan dengan Cepat | Breaktime
Cobalah bernapas dalam kantong untuk hentikan cegukan

Kompres dada

Kompres dada Anda dengan lembut dan beri sedikit tekanan pada diafragma. Teknik kompres ini, juga bisa Anda gantikan dengan mememluk lutut selama beberapa menit. Fokus pada gerakan ini, akan membuat diafragma lebih santai.

Minum air

Saat menelan air, kerongkongan akan mengalami kontraksi ritmik yang pada akhirnya menimpa kontraksi diafragma penyebab cegukan. Meminum air dengan cepat secara berturut-turut akan membantu kerongkongan membangun ritme ini.

Ini Rahasia Menghentikan Cegukan dengan Cepat | Breaktime
Minum air dengan cepat saat cegukan terjadi

Menempelkan jari di telinga

Memberikan tekanan pada saraf vegus juga dapat membantu difragma untuk lebih santai. Tempelkan jari pada telinga Anda kemudian minum air melalui sedotan secara perlahan untuk membantu menghentikan cegukan dengan cepat.

Selain mengetahui cara mengatasinya, B’timers sebaiknya juga menghindari hal-hal sederhana yang bisa menyebabkan cegukan, seperti:

Makan dengan cepat

Mencegah lebih baik daripada mengobati, bukan? Untuk itu, biasakan makan secara perlahan untuk mencegah cegukan terjadi. Makan dengan tempo yang cepat hanya akan menyebabkan ketidaknyamanan diafragma.

Ini Rahasia Menghentikan Cegukan dengan Cepat | Breaktime
Soda bisa menjadi penyebab cegukan, B’timers

Minuman bersoda

Minuman berkarbonasi merupakan salah satu penyebab iritasi diafragma. Terlebih lagi, jika Anda menimunnya dengan cepat dan tegukan besar. Jadi, cobalah meminum soda secara perlahan untuk mencegah cegukan.

Makan berlebihan

Porsi makan Anda, juga sangat berpengaruh terhadap munculnya cegukan. Untuk itu, selalu pastikan bahwa Anda tak makan berlebihan dan membebani sistem pencernaan agar cegukan tak terjadi.

Makanan perangsang

Makanan pedas dan minuman beralkohol merupakan jenis makanan perangsang cegukan. Makanan pedas dapat merangsang lebih banyak zat asam, sedangkan alkohol dapat mengiritasi kerongkongan, sehingga terjadilah cegukan.

Cukup mudah bukan untuk menghentikan cegukan dengan cepat. Intinya, tetaplah tenang saat cegukan terjadi, agar diafragma juga lebih tenang, ya B’timers! (dfr)

Share This Article