Ini Perawatan untuk Penderita Vertigo Wajib Tahu | Breaktime
Ini Perawatan untuk Penderita Vertigo Wajib Tahu
30.03.2017

Vertigo adalah rasa pusing yang disebabkan adanya masalah dari labirin vestibular yang ada di telinga Anda, B’timers. Penderita vertigo biasanya merasa semua benda di sekitarnya ebrgerak atau berputar. Sensasi ini bahkan tetap terasa meskipun mereka berdiri atau berbaring diam dengan mata terpejam, lho, B’timers.

Nah, apabila sudah terjadi serangan, besar kemungkinan penderita akan merasa mual hingga kehilangan keseimbangan. Biasanya serangan vertigo terjadi dalam waktu yang relatif singkat atau selama beberapa menit saja. Namun ada juga penderita yang mengalami serangan vertigo hingga berjam-jam atau sampai berhari-hari. Jika sudah demikian, maka penderita akan terganggu aktivitas sehari-harinya.

Konsumsi obat-obatan memang bisa cukup membantu penderita vertigo dalam mengatasi serangan dari vertigo, B’timers. Beberapa jenis obat efektif membantu meringankan mual dan juga muntah. Obat-obat lainnya dapat meringankan rasa pusing yang dialami oleh penderita vertigo. Nah, berikut ini adalah cara dan perawatan untuk penderita vertigo untuk Anda ketahui, B’timers!

Baca juga: TIDAK PERLU PUSING, INI OBAT HERBAL SAKIT KEPALA

Salah satu cara untuk mengatasi serangan dari vertigo adalah dengan memperhatikan waktu tidur pada malam hari. Kurangnya jam tidur atau buruknya kualitas tidur seseorang di malam hari bisa menjadi satu alasan terjadinya vertigo, lho, B’timers. Nah, karena itu, untuk mengatasi serangan vertigo, disarankan untuk lebih memperhatikan kebutuhan tubuh Anda akan tidur yang cukup setiap hari. Get some sleep!

Ini Perawatan untuk Penderita Vertigo Wajib Tahu | Breaktime
Jagalah kebutuhan tidur harian Anda untuk atasi vertigo

Untuk vertigo yang datang dari telinga dan kepala sebelah kiri, duduklah di teli tempat tidur Anda. Lalu putar kepala 45 derajat ke kiri. Tempatkan bantal di bawah ketika berbaring dengan bersandar di antara bahu. Ubahlah posisi tubuh dengan berbaring terlentang dengan kepala di tempat tidur dengan sudur 45 derajat. Tempatkan bantal di bawah bahu. Tunggu selama 30 deting hingga vertigo berhenti.

Putar kepala hingga 90 derajat ke atah kanan. Setelah itu tunggulah selama 30 detik. Langkah berikutnya adalah dengan memutar kepala dan tubuh ke arah kanan serta sampai Anda melihat permukaan lantai. Biarkan posisi tersebut selama 30 detik. Setelah itu, Anda secara perlahan duduk di tempat tidur selama beberapa menit. Ulangi latihan ini sebanyak 3 kali sebelum tidur malam hingga vertigo tak lagi datang.

Baca juga: WASPADA, INI DIA PENYEBAB SAKIT KEPALA BELAKANG

Perawatan untuk penderita vertigo lainnya yang wajib Anda ketahui adalah dengan duduk di tepi tempat tidur dan putar kepala 45 derajat ke kanan. Setelah itu segeralah berbaring dengan sisi tubuh bagian kiri dan tetaplah pada posisi tersebut selama 30 detik. Baru kemudian bergerak untuk berbaring di tempat tidur Anda tanpa mengubah posisi kepala. Sambil menatap lantai, berbaringlah selama 30 detik.

Ini Perawatan untuk Penderita Vertigo Wajib Tahu | Breaktime
Lakukan latihan rutin sebelum tidur untuk mengatasi serangan vertigo

Nah, setelah langkah tersebut, duduklah dengan gerakan perlahan di tepi tempat tidur Anda dan tunggu selama beberapa menit. Lakukan latihan yang sama jika Anda merasakan vertigo di telinga dan kepala di sebelah kanan. Lakukan dan ulangi latihan satu ini setidaknya selama 3 kali dalam sehari hingga vertigo tak lagi mengganggu Anda, B’timers.

Baca juga: UPS, HAL KECIL INI BISA SEBABKAN SAKIT KEPALA, LHO!

Selain latihan yang Anda perlukan untuk meringankan gejala vertigo, Anda juga bisa mengonsumsi obat herbal untuk mengatasi serangan vertigo, lho. Misalnya dengan 1 sendok makan biji ketumbar, rendam di dalam air bersama 1 sendok makan bubuk gooseberry. Biarkan semalaman dan saring di pagi hari. Konsumsi ramuan herbal tersebut dengan ditambahkan ½ sendok makan gula.

Nah, itulah beberapa trik perawatan untuk penderita vertigo, B’timers. (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE