Ini Penyebab Kalangan Kelas Bawah Mudah Obesitas | Breaktime
Ini Penyebab Kalangan Kelas Bawah Mudah Obesitas
14.03.2017

FUN FACT QUESTION

Jawaban Kamu Salah

Tidak sepenuhnya masyarakat kelas atas mudah mengalami obesitas



Sudah sejak lama, masyarakat menganggap bahwa orang-orang dengan tingkat ekonomi menengah ke atas lebih mudah gemuk atau bahkan obesitas. Selama itu pula, asumsi masyarakat tersebut terbukti benar. Orang-orang kelas atas memang mudah kelebihan berat badan karena mereka tidak akan merasa kelaparan dan selalu bisa memenuhi kebutuhan perutnya.

Namun sepertinya sekarang asumsi tersebut berbalik. Justru masyarakat yang berada di kelas ekonomi ke bawah akan lebih mudah mengalami kenaikan berat badan hingga mencapai tingkat obesitas. Bagaimana bisa? Yap, ini karena masyarakat ekonomi rendah akan lebih kesulitan mendapatkan makanan yang bergizi tinggi. Selain itu, gaya hidup mereka memiliki porsi makan yang cukup besar dan tinggi lemak.

Baca juga : PENYEBAB OBESITAS PADA ANAK DAN SOLUSINYA

Sebenarnya ada dua alasan utama yang menyebabkan orang-orang dengan pendapatan rendah justru lebih mudah mengalami obesitas. Breaktime telah merangkumnya dalam ulasan berikut ini.

Alasan pertama, makanan olahan lebih murah. Lihat saja harga apel dan cookies di pasar. Harga apel selalu lebih mahal. Mengapa demikian, ini karena cookies terbuat dari 3 bahan campuran, yaitu jagung, kedelai, dan gandum yang notabene merupakan bahan makanan paling disubsidi di pasar.

Ini Penyebab Kalangan Kelas Bawah Mudah Obesitas | Breaktime
Pada nyatanya harga fast food lebih murah dibandingkan makanan sehat

Baca juga : LAKUKAN DIET SEHAT INI UNTUK PENDERITA OBESITAS

Alasan yang kedua adalah karena makanan tidak sehat akan lebih cepat membuat kenyang dan harganya pun juga lebih murah. Pada dasarnya, orang-orang dengan ekonomi rendah lebih memilih makanan yang akan membuat mereka kenyang dibandingkan melihat kandungan yang ada dalam makanan tersebut. Ketika salad dijual dengan harga yang sama dengan fast food, maka dapat dipastikan masyarakat akan lebih memilih untuk membeli fast food.

Tetapi tenang saja, B’timers. Ada cara untuk mengkonsumsi makanan sehat tanpa menguras uang Anda. Anda bisa membeli sayuran kaleng. Mungkin sebagian besar orang menganggap hal ini percuma dan tidak sehat, tetapi sebenarnya sayuran kaleng memiliki nutrisi yang tinggi dan lebih segar. Ini karena kandungan yang terdapat dalam sayuran tetap terjaga.

Baca juga : MARI PAHAMI BEDA OBESITAS DAN KEGEMUKAN LEBIH DALAM

Makan lebih banyak telur juga sangat menyehatkan. Bukan rahasia umum lagi kalau telur adalah sumber protein dan mengandung lemak sehat. Anda bisa mengolah dan mengkreasikan telur dalam berbagai jenis makanan.

Kacang juga sering diabaikan sebagai makanan sehat. Harganya juga terjangkau atau bahkan cenderung murah. Kacang juga bisa Anda jadikan bahan tambahan dalam masakan. Satu hal yang paling penting jangan pernah melupakan buah-buahan. Semangka dan pisang selalu dijual dengan harga yang terjangkau. Kandungan vitaminnya juga sangat menakjubkan. Jadi sekarang Anda bisa tetap makan makanan sehat tanpa menguras isi dompet dan menghindari Anda dari obesitas. (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE