Ini Penyebab & Cara Mengobati Kulit Berjerawat! | Breaktime
Ini Penyebab & Cara Mengobati Kulit Berjerawat!
16.07.2017

Penyakit kulit satu ini seakan-akan sudah menjadi permasalahan umum yang dialami oleh hampir semua orang di dunia. Terutama bagi kaum hawa, jerawat  menjadi musuh bebuyutan yang susah sekali untuk dikalahkan. Jerawat memang umumnya muncul saat seseorang menginjak usia remaja, tapi tak menutup kemungkinan bahwa Anda yang berusia dewasa juga terkena jerawat, lho. Selain pengaruh hormon saat remaja dan stres, kulit berjerawat juga bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, B’Timers.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Menghilangkan Jerawat dengan Olahraga? Bisa Lho!

Penyebab Kulit Berjerawat

Anda pastinya sudah tahu penyebab utama dari kulit berjerawat, kan? Jerawat sebenarnya adalah satu bentuk dari peradangan kulit yang disebabkan penyumbatan pori-pori kulit oleh sel-sel kulit mati dan kotoran yang menempel di wajah. Penyumbatan tersebut mengakibatkan cairan minyak (sebum) tidak dapat keluar. Dan di saat yang sama, bakteri penyebab jerawat berkembangbiak dengan subur dan menginfeksi pori-pori yang tersumbat.

Penyumbatan pori-pori kulit juga bisa disebabkan oleh produksi sebum yang berlebihan. Jerawat akibat penyumbatan pori-pori kulit oleh sebum umumnya terjadi pada Anda yang memiliki kulit berminyak. Dibandingkan dengan tipe wajah yang lain, jenis wajah berminyak memang lebih rawan terkena jerawat. Makanya, jika B’Timers memiliki kecenderungan kulit berminyak, ada baiknya jika Anda membersihkan wajah secara rutin (but no more than 2 times a day, ya!) dan menghindari makanan-makanan berminyak. 

Ini Penyebab & Cara Mengobati Kulit Berjerawat! | Breaktime
Makanan lezat ini ternyata bisa mengakibatkan jerawat

Dan omong-omong soal makanan, jerawat juga bisa timbul sebagai reaksi alergi makanan. Umumnya makanan seperti coklat, gorengan, pizza, minuman berkafein, dan kacang-kacangan berpotensi mengakibatkan timbulnya jerawat, walaupun hal tersebut sepertinya bergantung pada masing-masing individu. And surprisingly, seafood dan sayuran hijau seperti bayam dan ganggang cokelat juga dapat mengakibatkan jerawat. Tapi sekali lagi, faktor satu ini bersifat relatif. Jadi, jika Anda tidak mengalami acne breakout setelah Anda menyantap jenis makanan di atas, then it’s probably alright for you.

Dan buat B’Timers yang gemar menyantap makanan manis, we have a bad news for you. Menurut penelitian, kandungan gula dalam darah yang tinggi juga bisa menjadi faktor penyebab jerawat. Alasannya, saat tubuh memecah dan memproses  zat gula (glukosa) menjadi karbohidrat tubuh akan menghasilkan hormon insulin. Semakin banyak zat gula yang masuk ke dalam tubuh maka produksi insulin akan semakin meningkat. Nah, hormon insulin ternyata juga dapat meningkatkan produksi hormon penyebab jerawat.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Obat Ngilangin Jerawat? Pakai Air Kelapa Muda!

Mengontrol kadar gula dalam darah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, seperti beras merah, oatmeals, dan roti gandum dapat membantu mengontrol keseimbangan gula darah dan insulin di dalam tubuh. 

Ini Penyebab & Cara Mengobati Kulit Berjerawat! | Breaktime
Mengobati kulit berjerawat bisa dengan masker alami

Mengobati Kulit Berjerawat

Katakanlah saat ini Anda sudah terlanjur terkena jerawat, apakah yang sebaiknya Anda lakukan? Yang jelas, menyentuh apalagi memecahkan jerawat dengan jari tangan Anda sama sekali tidak diperbolehkan. Bakteri yang ada di tangan Anda bisa jadi berpindah pada jerawat di wajah dan mengakibatkan jerawat Anda semakin parah. Bakteri yang ada di dalam cairan jerawat Anda juga dapat menulari area sekitarnya sehingga mengakibatkan jerawat-jerawat baru bermunculan. Belum lagi bekas luka jerawat yang akan susah sekali untuk dihilangkan.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ini Obat Penghilang Jerawat yang Terbukti Ilmiah

Cara terbaik untuk menghilangkan jerawat adalah dengan menggunakan obat yang direkomendasikan oleh dokter. Atau, jikapun Anda ingin menggunakan produk kecantikan untuk menghilangkan jerawat Anda perlu melakukan seleksi produk dengan seksama. Apabila Anda memiliki kulit berminyak atau kulit kombinasi, pilihlah produk perawatan jerawat yang tidak akan memperparah sumbatan pada pori-pori kulit Anda. Umumnya produk yang aman digunakan memiliki label “oil-free”, “non-comedogenic”, atau “water-based”. Menggunakan solusi pengobatan jerawat dengan bahan-bahan alami yang lebih hemat dan aman di kulit juga bisa Anda jadikan sebagai alternative treatments untuk jerawat.

Kulit berjerawat memang sangat merepotkan ya, B’Timers? Tapi dengan menghindari penyebab dan melakukan perawatan wajah secara rutin, Anda dapat mencegah jerawat menghinggapi kulit wajah Anda. (dkp) 



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE