Ini, Nih Tanda-Tanda Menstruasi Yang Benar! | Breaktime
Ini, Nih Tanda-Tanda Menstruasi Yang Benar!
03.04.2017

Hal yang normal saat di tiap bulannya para wanita akan kedatangan tamu bulanannnya. Anda yang wanita tentu juga rutin mengalaminya ya, B’timers? Tamu bulanan wanita atau disebut menstruasi merupakan siklus mengeluarkan darah haid pada wanita yang terjadi selama beberapa hari. Normalnya, pendarahan terjadi selama 5 sampai 7 hari. Sedangkan siklus menstruasi bisa Anda hitung mulai dari periode awal menstruasi ke periode awal selanjutnya. Normalnya, siklus menstruasi terjadi selama 21 sampai 35 hari.

Bagi Anda yang telah biasa mengalami menstruasi, tentu sudah tidak asing lagi dengan tanda-tanda yang Anda rasakan ketika akan mengalami menstruasi. Namun, bagi adik remaja yang baru memasuki pubertas, maka perlu untuk mengenali tanda-tanda menstruasi agar tidak merasa khawatir ketika tamu bulanannya datang. Rata-rata usia pubertas mengalami menstruasi yaitu berkisar 11 sampai 14 tahun. Bisa juga setelah usia tersebut.

Ini, Nih Tanda-Tanda Menstruasi Yang Benar! | Breaktime
Tanda-tanda menstruasi

Baca juga : JADWAL HAID TAK TERATUR? HATI-HATI PENYAKIT INI!

Menjelang menstruasi, ada hal-hal yang bisa Anda rasakan sebagai tanda-tanda akan mengalami menstruasi. Mulai dari perubahan emosi dan juga perubahan pada bagian tubuh Anda. Hal ini tentu saja sedikit mengganggu, namun normal terjadi. Pada setiap wanita, tanda-tanda menstruasi yang dialami juga berbeda-beda. Umumnya, yaitu sebagai berikut.

Pertama adalah mengalami perubahan fisik. Ketika akan mengalami menstruasi beberapa perubahan terjadi pada fisik Anda. Tanda-tanda ini bahkan bisa Anda rasakan sepuluh hari sebelum terjadi menstruasi. Beberapa perubahan fisik yang terjadi yaitu munculnya jerawat pada wajah yang disebabkan karena hormon, payudara Anda akan terasa nyeri, sendi, punggung dan pinggang juga akan terasa nyeri dan akan banyak terjadi gangguan pencernaan. Sebagian wanita merasakan mual, kram perut, diare sembelit dan juga merasa seperti ngidam menginginkan suatu makanan. Selain itu, beberapa wanita juga merasakan terjadi pembengkakan pada tangan dan kakinya. Pada daerah kewanitaan, rambut terasa lebih tebal dan kasar.

Tak hanya itu, wanita juga biasanya mengalami perubahan emosi yang cukup drastis. Wanita cenderung lebih sensitif dan memiliki emosi yang sulit dikontrol adalah hal lumrah yang harus dimaklumi oleh pria. Hal tersebut terjadi akibat hormon. Perubahan emosi juga Anda rasakan sebelum terjadi menstruasi. Seperti perasaan yang tidak nyaman, mudah sensitif, terkesan cengeng, mudah marah dan jengkel. Bahkan, beberapa wanita juga merasakan sulit konsentrasi atau bisa juga susah tidur. 

Ini, Nih Tanda-Tanda Menstruasi Yang Benar! | Breaktime
Emosi mudah berubah adalah tanda-tanda menstruasi

Baca juga : YUK, SIMAK CARA MENGECILKAN BADAN SECARA EFEKTIF

Tetapi, meski telah mengalami tanda-tanda menstruasi seperti itu, terkadang ada juga yang mengalami masalah. Hal yang paling sering dialami adalah menstruasi tidak lancar.

Mengalami menstruasi rutin setiap bulan, adalah hal normal. Namun dalam beberapa kejadian menstruasi pada wanita bisa menjadi tidak normal mialnya saja memiliki siklus menstruasi yang sangat lama. Hal ini dapat disebabkan karena hal-hal berikut ini.

Berat badan turun drastis

Dalam pembentukan hormon haid, kebutuhan lemak harus dipenuhi agar berjalan lancar. Berat badan yang turun drastis, menyebabkan menstruasi tidak lancar. Misalnya saja jika Anda mengalami anoreksia atau bulimia.

Stres secara emosional

Hormon stres dapat mempengaruhi produksi hormon menstruasi, sebab berpengaruh pada hypotalamus sebagai tempat hormon-hormon mengatur periode menstruasi. Jagalah emosi Anda tetap stabil. Jangan terlalu banyak pikiran dan stres.

Ini, Nih Tanda-Tanda Menstruasi Yang Benar! | Breaktime
Cara atasi menstruasi tidak lancar

Baca juga : ATASI SAKIT PERUT DENGAN HAL SEDERHANA INI, YUK!

Penggunaan kontrasepsi

Jika Anda tengah menggunakan alat kontrasepsi seperti pil KB, suntik KB dan lainnya bisa jadi berpengaruh pada kelancaran menstruasi Anda. Anda bisa jadi mengalami pendarahan yang sedikit ataupun pendarahan yang sangat banyak.

Memiliki Aktivitas berlebihan

Menjalani aktivitas yang berlebihan rupanya dapat mempengaruhi kelancaran menstruasi loh, breaktimers. Sebab capek dapat mempengaruhi kelenjar hypotalamus yang berpengaruh pada hormon menstruasi.

Nah, mungkin tanda-tanda menstruasi sudah banyak Anda ketahui. Tetapi untuk menstruasi tidak lancar juga harus diperhatikan dan cari solusinya demi kesehatan Anda sebagai seorang wanita. (rp)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE