Ini Lho, Efek Mengosongkan Kamar untuk Pikiran | Breaktime
Ini Lho, Efek Mengosongkan Kamar untuk Pikiran
27.03.2016

Membersihkan rumah tidak hanya meningkatkan kebersihan, juga dapat meningkatkan kesehatan mental Anda, B’timers. Ya, itu memang benar. Sebuah studi yang dilakukan oleh British Journal of Sports Medicine mengungkapkan bahwa melakukan 20 menit aktivitas fisik berupa bersih-bersih rumah (kamar setidaknya) seminggu sekali dapat mempengaruhi turunnya tingkat depresi. Bisa dibilang efek mengosongkan kamar untuk pikiran adalah untuk mengurangi rasa stres yang berlebihan.

Studi tersebut juga diperkuat oleh riset lain yang dilakukan di Skotlandia. Sebuah Survei Kesehatan Skotlandia memilih 3.000 orang sebagai objek penelitian. Mereka melaporkan bahwa tingkat kecemasan dan stres 3000 orang tersebut tergantung pada seberapa banyak aktivitas fisik yang mereka lakukan dalam satu minggu.

Ini Lho, Efek Mengosongkan Kamar untuk Pikiran | Breaktime
Bersih-bersih ternyata bisa sebagai refreshing

Kenapa harus mengosongkan kamar

Lebih spesifik, kedua penelitian tersebut mengungkapkan bahwa aktivitas fisik yang baik dilakukan secara rutin adalah pekerjaan rumah tangga seperti mengosongkan kamar. Efek mengosongkan kamar untuk pikiran adalah mengurangi perasaan tertekan sebanyak 20 persen. Tentu saja, ini akan semakin baik jika Anda benar-benar mengosongkan kamar dan membersihkan semua debu di sela-sela bagian manapun. Kenapa demikian?

Ini Lho, Efek Mengosongkan Kamar untuk Pikiran | Breaktime
Membersihkan debu baik untuk pikiran

Perlu Anda ketahui, depresi akan banyak berkurang dengan aktivitas fisik yang membuat Anda menahan napas. Tentu saja bersih-bersih debu adalah yang paling tepat. Aktivitas bersih-bersih bisa menekan dan mengontrol energi dan emosi negatif juga, lho. Dengan menghilangkan debu, kotoran dan kekacauan dari lingkungan Anda bisa membuat pikiran lebih bersih karena suasana yang nyaman sehingga Anda bisa merasa lebih bahagia dan santai.

Manfaat secara fisik dan mental

Menurut sebuah studi oleh Indiana University's Physical Activity Department, bersih-bersih penting bagi kesehatan fisik dan mental. Studi ini melihat kesehatan fisik 998 orang berusia antara 49 hingga 65 tahun dengan membandingkan tingkat aktivitas fisik dan kebersihan rumah mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang-orang dengan rumah terbersih ternyata juga sehat secara fisik dan mental sekaligus menjadi orang paling aktif.

Jadi, tunggu apa lagi B’timers? Segera bersihkan kamar di seluruh sudut ruangan agar mendapat manfaat baik dan efek mengosongkan kamar untuk pikiran! (nap)

Share This Article