Ini Tips Tidur Nyenyak Meski Jam Tidur Kurang | Breaktime
Ini Dia Tips Tidur Nyenyak Meski Jam Tidur Kurang
11.09.2016

Anda termasuk yang mudah tertidur, tidak, B’timers? Well, jika membicarakan masalah kebutuhan tidur, ternyata bukan hanya kuantitasnya saja yang penting, melainkan kualitas tidur yang Anda miliki. Berapa lama pun Anda tidur, jika kualitas tidurnya tidak baik, maka ketika bangun Anda tetap akan merasa lelah yang sangat, B’timers. Yu, intip tips tidur nyenyak meski jam tidur kurang berikut ini, B’timers!

Ini Tips Tidur Nyenyak Meski Jam Tidur Kurang | Breaktime
Anda perlu tahu tanda tubuh sudah lelah

Kenali ritme alami tubuh Anda

Jangan abaikan jam biologis tubuh, lho, B’timers. Mengetahui siklus tidur dan bangun tubuh kita sendiri, adalah satu strategi paling penting untuk mendapatkan tidur yang lebih baik. Meski hanya memiliki jam tidur yang sedikit, namun jika Anda rutin pergi tidur dan bangun, maka tubuh akan merasa segar.

Hindari tidur dengan lampu menyala

Melatonin adalah hormon alami yang dikontrol oleh paparan cahaya. Dan ini yang membantu mengatur siklus tidur dan bangun harian Anda, B’timers. Otak mengeluarkan lebih banyak melatonin, ketika gelap dan akan membuat Anda mengantuk. Sebaliknya, jika semakin terang, melatonin semakin sedikit.

Luangkan waktu untuk olahraga

Dan tahu tidak, B’timers, ternyata latihan fisik yang dilakukan secara rutin juga sangat bermanfaat jika ingin mendapatkan tidur yang lebih berkualitas. Dan inilah salah satu tips tidur nyenyak meski jam tidur kurang. Olahraga rutin juga mengurangi gejala insomnia dan gangguan lainnya yang Anda alami.

Ini Tips Tidur Nyenyak Meski Jam Tidur Kurang | Breaktime
Buah tropis ini bisa bantu tidur nyenyak, lho

Pikirkan apa yang Anda konsumsi

Kebiasaan makan siang juga cukup memainkan peran dalam seberapa baik tidur malam hari Anda, lho, B’timers. Apalagi jika Anda rutin mengonsumsi kafein, nikotin serta minuman beralkohol. Dan jika Anda memang butuh camilan sebelum tidur, coba sandwich kalkun, gandum bebas gula atau pisang.

Tingkatkan lingkungan tidur Anda

Jaga ruang kamar gelap, dingin dan tenang. Sebauh kondisi damai di dalam kamar dapat mengirim sinyal kuat ke otak Anda, yang mengatakan ini sudah waktunya untuk bersantai dan melepaskan tekanan hari ini, B’timers. Dan usahakan jauhkan gadget ada di ruang tidur untuk meminimalisir gangguan.

Dan, meskipun Anda hanya memiliki jam tidur yang sedikit, jangan cemas tidak mendapatkan tidur yang berkualitas, ya, B’timers? (NO)

Share This Article