Ini Dia Manfaat Rahasia Puasa untuk Kesehatan Tubuh | Breaktime
Ini Dia Manfaat Rahasia Puasa untuk Kesehatan Tubuh
28.06.2015

Saat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan, memang tantangan terbesar adalah menahan lapar dan haus. Menahan diri untuk tidak makan dan minum mulai matahari terbit dan tenggelam jelas melatih kesabaran ya, B’timers? Nah, meski demikian, puasa sebenarnya justru menyimpan manfaat tersembunyi untuk kesehatan, lho! Apa saja, ya?

Membantu menurunkan berat badan

Puasa bisa menjadi salah satu cara alami yang paling aman untuk mengurangi berat badan. Saat puasa, lemak tubuh lebih banyak terbakar dibandingkan saat melakukan diet biasa!

Meningkatkan sensitivitas insulin

Puasa memberikan efek positif terhadap sensitivitas insulin di dalam tubuh. Ketika puasa tubuh dapat lebih menoleransi karbohidrat sehingga mengurangi gula dalam darah.

Mempercepat metabolisme

Dengan berpuasa, sistem pencernaan pun ikut beristirahat. Ini dapat memperkuat metabolisme untuk membakar lebih banyak kalori. Selain itu, lemak juga ikut terbakar dan fungsi usus pun jadi makin sehat.

Puasa dapat membuat kita panjang umur

Percaya atau tidak, semakin sedikit kita makan, semakin lama kita hidup. Ini karena seiring usia bertambah, semakin lambat sistem metabolisme kita. Karenanya, semakin sedikit kita makan, sistem pencernaan pun jadi makin sehat.
Memperbaiki pola makan

Puasa dapat membantu jika Anda mengalami gangguan dalam pola makan, terutama bagi pekerja yang sangat sibuk dan makan dengan tidak teratur. Anda pun jadi bisa mengontrol porsi makan dengan lebih baik.

Meningkatkan fungsi otak

Puasa dapat meningkatkan produksi protein bernama brain-derived neurotrophic factor (BDNF), yang mengaktifkan sel induk otak untuk mengubahnya jadi neuron baru dan memicu senyawa lain yang dapat menyehatkan saraf.

Puasa membuat tubuh lebih kuat, sehat dan mampu menangkal penyakit
Puasa membuat tubuh lebih kuat, sehat dan mampu menangkal penyakit

Meningkatkan sistem kekebalan

Dengan berpuasa, segala kerusakan akibat radikal bebas bisa berkurang. Dengan mengurangi makan dan lebih banyak beristirahat, tubuh lebih mudah memerangi segala penyakit dan infeksi.

Memberi pencerahan diri

Saat puasa, kita merasa lebih terhubung dengan kehidupan. Perut yang kosong justru memberi lebih banyak ruang untuk energi dalam tubuh. Dengan tubuh yang lebih ringan dan pikiran lebih jernih, kita jadi lebih peduli dan bersyukur atas kehidupan kita.
Membersihkan kulit dan mencegah jerawat

Karena sistem pencernaan beristirahat dan tak ada makanan yang masuk ke dalam tubuh, energi untuk regenerasi sel jadi lebih besar, termasuk untuk kulit. Tak mengonsumsi makanan juga bisa membantu membersihkan racun dalam tubuh.

Wow, ternyata puasa begitu banyak manfaatnya untuk kesehatan, ya? Tetap semangat puasa sebulan penuh menuju kemenangan, B’timers!

Share This Article