Ini Cara Tepat untuk Merawat Gigi Tonggos | Breaktime
Ini Cara Tepat untuk Merawat Gigi Tonggos
12.07.2016

Gigi adalah salah satu bagian organ tubuh yang paling penting dan vital fungsinya. Namun, kadang ada masalah pada gigi yang terjadi dan harus diatasi. Salah satunya seperti gigi tonggos yang memerlukan perawatan lebih. Sebelum mengetahui cara merawat gigi tonggos yang tepat, baca dulu serba-serbi tentang gigi tonggos.

Penyebab gigi tonggos

Ada banyak faktor penyebab gigi tonggos. Yang paling umum adalah gigi tonggos yang sudah jadi bawaan sejak kecil. Misalnya saja saat bayi gigi keluar tak merata dan tumbuh permanen seperti itu hingga dewasa. Karena gigi keluar dan tumbuh satu per satu, gigi baru mempengaruhi gigi lama dan bisa membuatnya bergeser, akhirnya secara permanen gigi menjadi tonggos.

Pada orang dewasa, gigi tonggos bisa disebabkan karena gigi yang lepas, biasanya dikarenakan kerusakan gigi. Setelah gigi copot, gigi yang tersisa bergeser untuk mengisi jarak akibat gigi yang lepas. Inilah yang biasanya jadi penyebab gigi tonggos. Karenanya, perlu cara merawat gigi tonggos yang tepat agar gigi tetap sehat.

Ini Cara Tepat untuk Merawat Gigi Tonggos | Breaktime
Banyak cara untuk mengatasi dan merawat gigi tonggos

Masalah akibat gigi tonggos

Gigi yang tonggos bisa juga memicu masalah lainnya pada mulut secara keseluruhan. Karena gigi tonggos, bisa jadi aktivitas seperti makan dan berbicara jadi terganggu, karena gigi tonggos dapat menyebabkan otot dan rahang jadi tegang, dan mulut juga lebih mudah terluka. Juga ada risiko mengalami sakit gigi dan radang gusi karena gigi tonggos.

Merawat dan mengatasi gigi tonggos

Salah satu cara paling populer untuk mengatasi dan merawat gigi tonggos adalah memakai kawat gigi. Cara ini adalah yang paling tradisional dan masih banyak digunakan hingga sekarang. Kini, bahan kawat gigi sudah makin beragam dan terasa nyaman saat digunakan, menjadikannya alternatif tepat untuk mengatasi gigi tonggos, termasuk untuk orang dewasa.

Jika B’timers ingin mencoba alternatif lain untuk cara mengatasi gigi tonggos, silahkan berkunjung ke dokter gigi dan berkonsultasilah supaya mendapat penanganan yang paling tepat, ya. (md)

Baca juga : HATI-HATI! TANDA INI ARTINYA ANDA HARUS PERIKSA GIGI!

Share This Article