Ini Cara Mengatasi Depresi dengan Tips Sederhana | Breaktime
Ini Cara Mengatasi Depresi dengan Tips Sederhana
02.11.2016

Cara mengatasi depresi - Depresi dapat membuat kita lemah dan jauh dari rasa bahagia, B’timers. Dan biasanya alasan di baliknya adalah penolakan di berbagai bidang. Bisa dari seseorang yang kita sayangi, atau pekerjaan yang sangat diinginkan. Saat seseorang depresi, tandanya emosi negatif tersebut sudah benar-benar meresap dalam batinnya. Akan sangat mustahil untuk mendapatkan cahaya kehidupan baru di masa depan.

Selain dorongan dari orang lain di sekitar kita, kemauan diri sendiri yang paling penting untuk mengatasi masalah ini, B’timers. Namun sayangnya jalan yang harus dilalui tidak selalu mudah. Padahal sebenarnya tanpa obat-obatan, hanya dengan melakukan sedikit perubahan dalam gaya hidup bisa membantu Anda meringankan gejalanya. Nah, berikut ini beberapa cara mengatasi depresi yang harus diketahui!

Ini Cara Mengatasi Depresi dengan Tips Sederhana | Breaktime
Mengurung diri di rumah, justru membuat Anda terkucil

Dengarkan musik yang meningkatkan optimisme

Semua orang pasti setuju jika musik adalah makanan bagi jiwa yang lapar, B’timers? Ketika Anda merasa sangat tertekan, jangan justru mendengarkan musik mellow yang menggoda Anda untuk meneteskan air mata. Carilah musik dengan beat yang penuh semangat. Meskipun tidak hafal liriknya, jangan ragu untuk ikut bernyanyi dan menggoyangkan badan seirama lantunan nadanya.

Baca juga : JANGAN TAKUT! INI TIPS JADI JOMBLO BERKUALITAS!

Gunakan sentuhan fisik dengan orang terdekat

Berdasarkan penelitian, sebuah sentuhan dari orang lain, dapat membantu kita mengatasi depresi. Hal ini karena sentuhan fisik dapat membantu menurunkan hormone stres yang bernama kortisol. Sebagai gantinya, tubuh memproduksi hormone oksitosin yang bisa membantu kita merasa lebih bahagia, lho. Untuk mendapatkan hasil lebih baik, lakukan juga pijat akupuntur dan refleksi.

Berhenti berbicara tentang kekurangan diri sendiri

Orang depresi cenderung melihat dunia dengan cara yang negatif. Ketika sesuatu yang salah terjadi, tak jarang mereka lebih menyalahkan dirinya sendiri. Penderita depresi memiliki pikiran yang kuat dalam keraguan diri dan perasaan tidak berharga. Pikirkan setiap energi negatif yang muncul, kemudian Anda bisa mengingatkan diri sendiri untuk menghentikannya. Ganti dengan pikiran positif.

Ini Cara Mengatasi Depresi dengan Tips Sederhana | Breaktime
Bermain dengan hewan peliharaan bisa cukup membantu, lho!

Ulurlah waktu yang Anda miliki dan menerimanya

Menerima bahwa keadaan mental Anda tidak sepenuhnya seimbang adalah cara mengatasi depresi lain yang bisa dilakukan, B’timers. Datangnya pikiran negatif memang tidak bisa dihalangi, namun dengan lembut ingatkan diri sendiri untuk tidak mendengarkannya. Memang bukan hal yang mudah dilakukan, namun dengan secara konstan mengingatkan diri sendiri Anda bisa mengatasinya.

Alihkan perhatian Anda pada sesuatu yang lain

Jika memungkinkan, lakukan yang terbaik untuk mengalihkan perhatian Anda dari hanya memikirkan hal yang membuat Anda tertekan, B’timers. Pikiran Anda adalah musuh yang harus dijauhi selama depresi, lho. Alihkan perhatian Anda dengan bermain bersama hewan peliharaan atau pergi keluar rumah untuk berjalan-jalan menikmati udara luar. membaca buku dan mengisi teka-teki bisa sangat membantu. 

Baca juga : INI DIA TIPS MEMPERBAIKI DIRI MENJADI LEBIH BAIK!

Cobalah mendatangi ahli terapi kondisi mental

Sebuah terapi dapat sangat berguna dalam menangkal depresi dan mendatangkan prinsip ataupun cara berpikir yang lebih positif. Konselor dapat membantu Anda untuk memahami pola pikir diri Anda sendiri saat ini. Setelah itu mereka akan mengidentifikasi alasan di baliknya untuk membantu Anda mengatasi perasaan tertekan itu, B’timers. Karena itu jangan merasa ragu untuk datang ke terapi.

Ini Cara Mengatasi Depresi dengan Tips Sederhana | Breaktime
Jangan malu untuk menuangkan kesedihan dalam tulisan

Tulislah sebuah jurnal pribadi setiap Anda perlukan

Menulis sebuah jurnal dapat memberikan dua manfaat sekaligus, B’timers. Menuliskan ketakutan serta kekhawatiran dapat membantu menenangkan dan meringankan pikiran Anda. Selain itu dengan menulis Anda juga bisa belajar untuk bersyukur tentang apa yang dilalui. Meskipun ada begitu banyak hal negatif yang kita alami, namun jauh sebelumnya kita pasti pernah merasa hal positif, kan?

Nah, dengan cara mengatasi depresi di atas, Anda bisa bersahabat dengan diri sendiri dan tidak menilai buruk diri Anda, kan, B’timers? (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE