Ini Cara Dokter Menjaga Kesehatan Jantung | Breaktime
Ini Cara Dokter Menjaga Kesehatan Jantung
31.05.2016

Baru-baru ini, kita dikejutkan dengan kabar duka meninggalnya aktris muda Irena Justine pada tanggal 26 Mei 2016 lalu, yang disebabkan karena serangan jantung. Irena meninggal saat tengah menjalani shooting sebuah kuis di stasiun televisi. Tentu berita ini membuat kaget masyarakat Indonesia, terutama para fans Irena.

Kabar ini tentu membuat kita semakin sadar pentingnya menjaga kesehatan, terutama kesehatan jantung. Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang paling berbahaya jika tidak ditangani dengan tepat. Akan lebih baik jika B’timers dapat mencegah sebelum mengobati. Cara dokter jantung menjaga kesehatan jantungnya ini bisa Anda tiru:

Batasi konsumsi junk food

Kadang, kita tak sadar mengonsumsi junk food terlalu banyak, entah itu makanan, minuman ataupun snack. Anda tak harus benar-benar menghindarinya, namun sebaiknya batasi porsi Anda dan ganti dengan camilan yang lebih sehat serta kaya nutrisi, demikian penjelasan Nicole Weinberg, MD, ahli jantung di Providence Saint John’s Health Center di Santa Monica.

Tidur 8 jam setiap malam

Menurut Jennifer Haythe, MD, ahli jantung sekaligus profesor asisten kesehatan di Columbia University Medical Center, tidur yang nyenyak sangatlah penting. Biasakan tidur 7-8 jam setiap malam, Anda akan bisa tidur lebih nyeyak. Kurang tidur bisa jadi pemicu tekanan darah tinggi yang menjadi faktor risiko penyebab sakit jantung.

Ini Cara Dokter Menjaga Kesehatan Jantung | Breaktime
Tidur 8 jam sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung

Melakukan meditasi

Pikiran negatif dan perasaan sedih bisa menyebabkan gangguan pada jantung. Stres bisa melepas ‘katekolamin’ yang bisa menyebabkan gagal jantung dan serangan jantung. Lakukan kegiatan yang bisa melepas stres Anda dan membuat tertawa. Bermeditasilah selama 20 menit setiap hari untuk me-reset pikiran dan perasaan, terutama saat Anda mengalami tekanan. Hal tersebut diungkapkan Archana Saxena, MD, ahli jantung di NYU Lutheran Medical Center.

Banyak jalan kaki

Meski naik lift atau mengendarai sepeda motor lebih praktis, cedat dan tak melelahkan, namun sebaiknya Anda lebih sering menggunakan kaki untuk berjalan.  Gunakan tangga untuk naik turun di kantor, berjalanlah untuk berbelanja sayur di dekat rumah, jika ada kesempatan, jalan kakilah, demikan saran Richard Wright, MD, ahli jantung sekaligus chairman Pacific Heart Institute di Providence Saint John’s Health Center di Santa Monica.

Tidak makan saat tak lapar

Masih dari Richard Wright, MD, Anda disarankan tidak makan saat tak merasa lapar. Kedengarannya mudah, tapi kadang makanan memang jadi pelarian saat bosan atau stres. Tak apa jika ingin makan besar, sebaiknya beberapa jam sekali saja. Menjaga berat badan adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan jantung.

Itulah yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung B’timers. Dengan membiasakan diri melakukan hal-hal sederhana tadi, meski berat di awal, namun Anda akan lebih sehat dan bisa terhindar dari risiko penyakit jantung. (md)

Share This Article