Ini Bukti Kebotakan Dini Tak Selamanya Buruk! | Breaktime
Ini Bukti Kebotakan Dini Tak Selamanya Buruk!
26.11.2016

Kebotakan dini adalah salah satu masalah besar khususnya bagi kaum pria. Yup, kebotakan dini tidak hanya membuat pria kehilangan rambut, tetapi juga kehilangan rasa percaya diri. Saat ini memang kebotakan tidak lagi menjadi ciri khas untuk pria berusia lanjut. Justru kini semakin banyak pria mengalami kebotakan menjelang usia 35 tahun. Ada banyak faktor yang menyebabkan hal ini terjadi.

Faktor penyebab kebotakan dini

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, nih B’timers kalau banyak faktor yang jadi penyebab kebotakan dini. Berikut ini beberapa hal yang membuat pria-pria botak sebelum mencapai usia yang tepat.

Baca juga : 4 KIAT HINDARI KEBOTAKAN UNTUK PARA PRIA

  • Faktor genetik
  • Kulit kepala terlalu peka dengan dihidrotestosteron
  • Cara hormon bekerja
  • Asupan nutrisi
  • Masalah tiroid
  • Kekurangan zat besi
  • Kekurangan protein

Nah, tetapi Anda tak perlu khawatir karena banyak pula hal-hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi kebotakan dini yang Anda alami. Berikut ini cara ampuh mengatasi kebotakan dini yang terjadi.

1. Ganti sampo Anda dengan produk yang berkualitas

Memang banyak produk yang mengklaim bahwa mereka mampu menguatkan helaian rambut dan mempertebal rambut. Namun, hingga saat ini baru ada satu zat yang benar-benar mampu dan terbukti mengatasi kebotakan dini, yaitu Ketoconazole. Zat ini sejenis antijamur yang mampu membasmi ketombe dan mengatasi penurunan produksi testosterone pada area folikel.

2. Konsumsi makanan sehat sebagai sumber nutrisi

Sudah jadi rahasia umum kalau makanan sehat dan bergizi mampu untuk mendetoks racun atau toksin yang terdapat dalam tubuh Anda. Hindari makanan jenis gorengan untuk mengurangi produksi sebum berlebih. 

Ini Bukti Kebotakan Dini Tak Selamanya Buruk! | Breaktime
Botak juga keren, kan!

3. Mencukur rambut secara rutin juga bisa mengatasi kebotakan dini?

Ya, jika memang Anda mengalami kebotakan dini mungkin sebaiknya mencukur rambut tipis yang menempel di kepala. Ini akan menjadi lebih baik. Mengapa? Yup, karena dengan membiarkan rambut tipis bertahan di kepala akan membuat Anda tampak lebih tua. Dengan mencukur rambut Anda itu akan terlihat lebih rapi dan memberikan efek lebih tinggi.

4. Mengubah persepsi atau cara pandang terhadap suatu hal

Kebanyakan orang masih menganggap bahwa kebotakan dini adalah hal yang memalukan dan pertanda bahwa Anda semakin tua. What??? Itu adalah pola pikir manusia kuno, B’timers! Ubah cara pandang Anda lebih positif. Tingkatkan percaya diri Anda dan buat kepala botak sebagai tren baru. Selain itu, pikirkan bahwa kebotakan bukan tanda bahwa Anda menuju tua, tetapi itu adalah tanda bahwa Anda menuju kedewasaan.

Tidak sulit untuk meningkatkan percaya diri dan mengubah cara pandang. Anda hanya perlu untuk tidak menghiraukan perkataan orang lain yang Anda anggap negatif. Anda pun tidak merugikan mereka dengan kebotakan yang Anda alami, kan? Simple as that!

Baca juga : HMM, TOPI DAPAT SEBABKAN KEBOTAKAN? INI TIPSNYA!

5. Melakukan operasi transplantasi

Kemajuan ilmu kedokteran juga bisa jadi pilihan Anda mengatasi kebotakan dini. Yup, dengan melakukan operasi transplantasi atau penanaman rambut akan membuat rambut tipis Anda kembali tebal.

Jadi itulah penyebab kebotakan dini yang kini banyak dialami pria di usia yang masih cukup muda. B’timers juga bisa mengatasinya dengan cara-cara di atas. Mulai dari cara yang paling mudah hingga cara yang mungkin harus mengeluarkan biaya. Cara mana yang jadi pilihan Anda? It’s up to you! Mungkin cara yang paling simple adalah memulai pola hidup sehat. (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE