Ini Alasan Kenapa Alkohol Bisa Berbahaya | Breaktime
Ini Alasan Kenapa Alkohol Bisa Berbahaya
02.04.2016

Dengan gaya hidup yang ada saat ini, mustahil rasanya menghindari minuman beralkohol, ya, B’timers? Memang, bir dan wine dipercaya dapat membuat Anda lebih santai dan rileks, ramah, bahkan lebih menarik di mata lawan jenis. Padahal, seperti yang kita ketahui, alkohol bisa lebih berbahaya dari obat-obatan illegal, lho, B’timers! Dan berikut beberapa alasan kenapa alkohol berbahaya.

Gangguan otak

Menurut The National Institute for Alcohol Abuse and Alcoholism, sebenarnya hanya ada satu atau dua minuman yang dapat menyebabkan penglihatan kabur, memori terganggu hingga kehilangan keseimbangan. Dan itu akan menghilang ketika Anda berhenti minum. Namun penyalahgunaan alkohol jangka panjang dapat menyebabkan gangguan otak kronis yang cukup serius, lho, B’timers.

Ini Alasan Kenapa Alkohol Bisa Berbahaya  | Breaktime
Terlalu banyak minum minuman beralkohol dapat mengganggu konsentrasi kerja

Kanker

Alasan kenapa alkohol berbahaya karena dapat meningkatkan risiko tumbuhnya jenis kanker tertentu, termasuk kanker hati, mulut, tenggorokan, laring, esophagus hingga kanker payudara. Dan disebutkan, peminum berat alkohol yang dibarengi dengan kebiasaan merokok, memiliki risiko lebih tinggi dalam pertumbuhan sel kanker.

Cacat lahir

Pernah membaca bahwa minuman beralkohol dapat mengganggu perkembangan janin, B’timers? Nah, berdasarkan The Centers for Disease Control and Prevention, wanita hamil yang mengonsumsi alkohol berisiko melahirkan bayi yang cacat. Hal ini disebabkan karena janin dapat dengan mudah terekspos alkohol, sehingga dapat mengganggu otak, jantung serta organ lainnya.

Ini Alasan Kenapa Alkohol Bisa Berbahaya  | Breaktime
Makanan dan minuman yang sehat akan membuat janin terlahir sehat

Ketergantungan

Selain itu, mereka yang mengonsumsi alkohol sebelum usia 15 tahun, lebih mungkin menjadi pecandu dibandingkan orang dewasa di atas 21 tahun, B’timers. Dan dengan fakta tersebut, pengaruh alkohol bisa sangat membahayakan, lho. Mulai dari kecelakaan kendaraan bermotor, terlibat tindak kekerasan seperti pelecehan seksual hingga pembunuhan.

Poor quality life

Tidak dapat disangkal, bahwa minum alkohol dapat mempengaruhi keuangan, pekerjaan dan keadaan emosional Anda. Dan yang lebih mengerikan, penyalahgunaan alkohol jangka panjang juga terkait dengan masalah kejiwaan, seperti depresi, kecemasan, dan gangguan kepribadian. Anda tentu tidak ingin menghancurkan kebahagiaan karena alkohol, bukan?

Ini Alasan Kenapa Alkohol Bisa Berbahaya  | Breaktime
Banyak masalah bisa timbul hanya karena minuman keras

Jadi, alasan kenapa alkohol berbahaya? Benar, karena hingga saat ini, alkohol merupakan pembunuh nomor 1 terbesar di dunia. Bahkan lebih mengerikan daripada narkoba, lho, B’timers! Jika Anda memang tidak dapat terlepas dari minuman ini, sebaiknya lebih diperhatikan batasannya agar tidak mendatangkan masalah yang tidak diinginkan, ya, B’timers? (NO)

Share This Article