Ini 4 Makanan Ajaib Menurunkan Kolesterol! | Breaktime
Ini 4 Makanan Ajaib Menurunkan Kolesterol!
28.04.2017

Pangan merupakan salah satu kebutuhan pokok dari tiap individu yang wajib dipenuhi. Tapi seiring dengan berkembangnya zaman, makan tidak hanya menjadi kebutuhan tetapi juga menjadi salah satu bentuk aktivitas rekreasi. Hayo, pastinya banyak dari Anda yang gemar berwisata kuliner bersama keluarga atau teman-teman Anda tiap minggu, bukan? Dan saat Anda berwisata kuliner ke berbagai macam restoran atau rumah makan sudah pasti Anda akan lebih banyak mengkonsumsi makanan berlemak dan makanan berminyak. Rasa dari makanan tersebut memang sangat gurih dan lezat sehingga seringkali Anda lupa bahwa makanan-makanan tersebutlah yang menjadi sumber dari melonjaknya kadar kolesterol Anda akhir-akhir ini. Untungnya ada cara yang tidak kalah menyenangkan untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam darah Anda, yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang menurunkan kolesterol. Yuk cek apa saja 4 jenis super food itu.

Ini 4 Makanan Ajaib Menurunkan Kolesterol! | Breaktime
Gurihnya makanan yang menurunkan kolesterol ini!

Yuk, Lebih Rajin Mengemil Kacang-Kacangan

Ingin camilan akhir pekan yang enak dan gurih tanpa harus khawatir kolesterol Anda melonjak tajam? Coba deh lebih sering mengemil kacang-kacangan. Kacang-kacangan seperti kacang tanah, almond, walnut, cashews, dan lain-lain terbukti menjadi makanan yang menurunkan kolesterol, lho.

Baca juga: TIPS ALAMI UNTUK ATASI GEJALA KOLESTEROL TINGGI!

Penelitian membuktikan bahwa jika Anda mengkonsumsi 1.5 ons kacang dengan rutin dan teratur, maka kadar kolesterol Anda akan menurun sebanyak 5.4%, sedangkan lemak penyebab kolesterol, aka lemak LDL juga akan mengalami penurunan sebanyak 9.3%. Selain itu, hampir semua jenis kacang juga kaya akan protein, serat, vitamin E, magnesium, potassium, dan lemak sterol nabati yang sangat berguna untuk membantu menjaga kesehatan organ jantung.

Tapi, tetap saja tidak dapat disangkal bahwa terlalu banyak mengkonsumsi kacang juga dapat berakibat pada penumpukan lemak di dalam tubuh. So, be wise ya B’Timers.

Ini 4 Makanan Ajaib Menurunkan Kolesterol! | Breaktime
Ganti sarapan dengan makanan yang menurunkan kolesterol

Ganti Sarapan dari Nasi Ke Oatmeals

B’Timers masih sering menjadikan nasi putih sebagai menu utama sarapan Anda? Nah, mulai sekarang bisa nih berangsur-angsur beralih dan mengganti menu sarapan Anda dengan oats. Why? Well, karena dengan mengkonsumsi semangkuk oatmeals sebagai menu sarapan secara rutin dapat membantu mencegah tubuh menyerap terlalu banyak lemak kolesterol dari makanan yang Anda konsumsi.

Baca juga: WASPADAILAH! INI TANDA-TANDA PENYAKIT KOLESTEROL

All thanks to zat serat yang ada di dalam oats tersebut yang dinamakan beta-glucan. Ketika beta-glucan ini masuk ke dalam tubuh, serat tersebut akan membentuk gel yang menyegel zat kolesterol yang berada di dalam usus besar dan mencegah zat kolesterol tersebut dari terserap oleh tubuh. As a result, kadar lemak kolesterol Anda pun akan mengalami penurunan, B’Timers.

Ini 4 Makanan Ajaib Menurunkan Kolesterol! | Breaktime
Buah-buahan juga termasuk makanan yang menurunkan kolesterol

Perbanyak Konsumsi Buah-Buahan Yuk

Buah-buahan seperti apel, anggur, strawberry, dan buah-buahan citrus tidak hanya bisa menjadi camilan yang menyegarkan saat Anda sedang kelaparan di tengah malam, kandungan serat pectin di dalam buah-buahan tersebut terbukti dapat membantu menurunkan kadar LDL, B’Timers. 

Ini 4 Makanan Ajaib Menurunkan Kolesterol! | Breaktime
Jangan gengsi konsumsi makanan yang menurunkan kolesterol!

Jangan Lupa Juga Untuk Rajin Mengkonsumsi Olahan Kedelai

Kedelai dan produk olahannya, seperti tempe dan tahu memang cenderung underrated di tengah-tengah masyarakat. Padahal kedelai termasuk jenis kacang-kacangan yang memiliki kadar saturated fat yang rendah lho. Tidak hanya itu, kedelai juga mengandung that one special protein yang dapat membantu meningkatkan sistem metabolisme tubuh dalam mencerna lemak kolesterol. Produk kedelai lainnya selai tempe dan tahu adalah susu kedelai, daging yang terbuat dari kedelai (biasanya dikonsumsi oleh vegan atau vegetarian), hingga kacang edamame.

Baca juga: WASPADAILAH! INI TANDA-TANDA PENYAKIT KOLESTEROL

Wow, ternyata mengontrol kolesterol pun dapat dilakukan dengan memperbanyak konsumsi makanan yang menurunkan kolesterol. Jangan lupa juga untuk berolahraga secara rutin ya, B’Timers. (dkp)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE