Tips Terhindar Dari Jetlag | Breaktime
Ingin Terhindar dari Jetlag? Lakukan Tips Ini!
25.12.2015

B’timers punya hobi traveling? Nah, bagi yang senang bepergian, mungkin Anda sudah merencanakan liburan ke luar negeri untuk menikmati momen tahun baru. Dari sekian banyak hal yang harus dipersiapkan, mengantisipasi jetlag termasuk salah satu yang paling penting. Sebab, perbedaan zona waktu di dalam dan di luar negeri terbilang sangat jauh.

Saat mengalami jetlag, jam biologis tubuh juga menyesuaikan dengan waktu setempat dan otomatis ikut mengalami perubahan. Gejala jetlag yang paling umum adalah merasa ngantuk di siang hari, insomnia di malam hari, susah konsentrasi, merasa bingung, merasa lapar di jam-jam yang tidak semestinya atau kurang nafsu makan, dan merasa mudah marah.

Nah, apa saja yang harus dilakukan untuk menghindari jetlag?

Sesuaikan jam biologis tubuh

Beberapa hari sebelum berangkat, setidaknya empat hari, perlahan sesuaikan jam tidur dan jam makan Anda dengan waktu lokal di tempat tujuan Anda. Begitu tiba di sana, Anda takkan kesusahan.

Kurangi minum kopi

Untuk 12 jam sebelum dan selama penerbangan, hindari konsumsi makanan dan kafein berlebih. Konsumsi kafein berlebih bisa menyebabkan Anda lebih mudah terjaga dan mengurangi waktu tidur Anda.

Tetap terhidrasi

Minumlah sekitar 8 ons air setiap jam selama penerbangan, bahkan saat Anda tidak merasa haus. Jika Anda memakai lensa kontak, bersihkan sebelum Anda melakukan penerbangan, gunakan tetes mata dan Anda juga bisa melepaskan lensa kontak saat tidur. Bawa juga lotion pelembab dan lip balm.

Jetlag bisa dihindari dan diatasi
Jetlag bisa dihindari dan diatasi

Coba tidur saat di pesawat

Ini sangat penting terutama jika Anda terbang semalaman dari barat ke timur. Perjalanan bisa jadi sangat melelahkan, dan tidur bisa membantu Anda untuk lebih siap mengatasi jetlag saat tiba di tempat tujuan.

Pergi ke luar ruangan

Sesampainya di tempat tujuan, Anda bisa menghabiskan banyak waktu di luar ruangan dan terkena sinar matahari. Ini akan membantu tubuh Anda untuk menyetel ulang jam biologisnya seperti semula dan menyesuaikan dengan waktu setempat.

Jangan tidur terlalu cepat

Sebaiknya jangan cepat-cepat pergi tidur, kecuali Anda tiba di tempat tujuan saat malam atau sudah mendekati waktu tidur yang normal. Berencana tidur sejenak 20 menit saja bisa jadi 3 jam tanpa disadari, dan itu justru bisa lebih mengganggu waktu tidur Anda.

Nah, itulah tips-tips yang bisa B’timers lakukan untuk menghindari jetlag dan lebih menikmati liburan di tempat baru yang dituju. Happy traveling. (md)

Share This Article