Ingin Terbebas Dari Sinusitis? Coba Tips Ini | Breaktime
Ingin Terbebas Dari Sinusitis? Coba Tips Ini
16.02.2016

Menjaga kebersihan wajah, gigi, dan rambut mungkin sudah sering Anda lakukan, bukan? Bagaimana dengan kebersihan hidung? Sudahkah Anda memperhatikannya, B'timers? Padahal hidung adalah salah satu alat indera dan juga bagian penting tubuh. Hidung adalah tempat pertama udara memasuki tubuh.

Sebagai penyaring udara, hidung merupakan pengaman tubuh pertama. Baik itu debu maupun kotoran, bakteri dan virus juga tersaring di sini. Hal ini bisa menyebabkan hidung rawan terserang penyakit. Salah satu penyakit yang menyerang hidung adalah sinusitis. Sinusitis adalah sebuah kondisi dimana bagian sinus mengalami penyumbatan.

Apabila kondisi ini terus dipertahankan, akan membahayakan kondisi hidung B'timers. Untuk mengatasinya sebenarnya cukup mudah. Seperti beberapa contoh berikut :

1. Minyak kayu putih

Ingin Terbebas Dari Sinusitis? Coba Tips Ini | Breaktime
Zat yang keluar dari minyak kayu putih bisa membuat hidung lebih lega

Seperti yang Anda ketahui sebelumnya, sinusitis adalah penyumbatan yang terjadi pada organ sinus. Apabila penyumbatan ini disebabkan oleh virus influenza, Anda bisa menyembuhkannya dengan cara mengonsumsi minyak kayu putih. Selain dengan cara diminum, ada juga cara yang lebih mudah, yaitu metode inhalasi uap.

2. Minyak atsiri

Ingin Terbebas Dari Sinusitis? Coba Tips Ini | Breaktime
Cara menggunakan minyak atisiri untuk mengatasi sinusitis sama seperti minyak kayu putih

Minyak atsiri sudah terkenal khasiatnya sebagai pereda penyakit pernafasan. Sangat cocok untuk digunakan sebagai media penyembuh untuk penyakit yang satu ini. Gunakan sama seperti minyak kayu putih dan lakukan setiap hari agar kesehatan cepat didapat.

3. Lobak

Ingin Terbebas Dari Sinusitis? Coba Tips Ini | Breaktime
Lezat rasanya dan berguna untuk kesehatan

Lobak terkenal sebagai bahan campuran untuk sayur, namun di balik kelezatannya tersebut ternyata sayuran yang satu ini juga bisa menghilangkan infeksi sinus. Khasiat lobak untuk mengencerkan dan melarutkan lendir akan meredakan infeksi yang terjadi di sinus. Yang membuatnya bisa berkhasiat seperti itu adalah kandungan sulfur. Sulfur mampu membunuh kuman penyebab sinusitis.

4. Air garam

Ingin Terbebas Dari Sinusitis? Coba Tips Ini | Breaktime
Selain digunakan sebagai pengawet, air garam juga efektif menghilangkan bakteri

Air garam selain sebagai bumbu paling sederhana dari masakan tempe atau tahu, ternyata juga bisa menetralisir kuman yang ada pada hidung. Sudah menjadi sifatnya yang mencegah berkembangnya bakteri dan menghindarkan bakteri pembusuk menempel, air garam bisa membuat sinus terbebas dari infeksi.

Itulah beberapa tips untuk menyembuhkan sinusitis yang sangat mengganggu. Selain keempat tips di atas, dianjurkan untuk menggunakan masker selama penyembuhan agar hidung tidak kembali dihinggapi bakteri. Dan mulailah untuk mengganti gaya hidup yang lebih sehat. Selamat mencoba B'timers. (wsu) 

Share This Article