Ingin Panjang Umur? Ini Rahasia Lansia Spanyol! | Breaktime
Ingin Panjang Umur? Ini Rahasia Lansia Spanyol!
12.02.2017

Negara mana yang memiliki harapan hidup paling tinggi, B’timers? Well, dibandingkan Jepang, ternyata warga Spanyol hanya tertinggal satu peringkat di belakang dengan harapan hidup tertinggi di dunia, lho. Hal ini seperti yang diungkapknan oleh Organisation for Economic Co-operation and Development’s atau OECD. Wow, ternyata Spanyol memiliki tingkat harapan hidup yang tak kalah tinggi, ya, B’timers?

Di dalam laporan mereka, harapan hidup orang Spanyol sejak kelahiran adalah 83,2 tahun. Sementara di Jepang adalah 83,4 tahun. Itu artinya kedua negara ini memiliki harapan hidup jauh di atas rata-rata dari OECD, yang hanya 80,5 tahun saja, B’timers. Sementara itu harapan hidup di Inggris ternyata 81,1 tahun saja. Dan Amerika Serikat yang selama ini dianggap negara impian, hanya 78,8 tahun. Mengejutkan?

Ingin Panjang Umur? Ini Rahasia Lansia Spanyol! | Breaktime
Lansia Spanyol memiliki harapan hidup yang cukup tinggi

Menurut laporan, orang-orang Spanyol punya rahasia untuk hidup lebih lama, B’timers. Disebutkan jika ternyata mereka menjalankan gaya hidup sehat. Disebutkan misalnya dengan cara mengurangi merokok tembakau, membatasi konsumsi minuman beralkohol dan menjaga berat badan. Itulah sebab jarang ada laporan warga yang menderita obesitas atau kelebihan berat badan yang dapat mengurangi kesehatan.

Untuk Anda yang ingin memiliki umur panjang, di bawah ini beberapa rahasia para lansia Spanyol yang dapat ditiru, B’timers. Wah, apa saja, ya? Check this out, yuk!

Sejak mempraktekkan program diet Mediterania, tingkat kesehatan warga Spanyol makin membaik, lho. Diet Mediterania terbukti dapat membantu mengurangi risiko serangan jantung dan stroke hingga 30 %. Namun tidak hanya itu saja, B’timers. Rata-rata sebanyak 60 % warga Spanyol mengonsumsi buah setiap hari. Meskipun demikian, ternyata hanya kurang dari setengahnya yang rutin mengonsumsi sayuran.

Penelitian yang pernah dilakukan oleh OECD mengenai apa penyebab utama warga Spanyol ini memiliki tingkat harapan hidup yang cukup tinggi. Ternyata sejak tahun 2000 – 2013 terjadi penurunan risiko dari kematian karena penyakit kardiovaskular. Bahkan Spanyol menduduki peringkat terendah dibandingkan banyak negara lain, mengenai tingkat kematian karena penyakit jantung.

Ingin Panjang Umur? Ini Rahasia Lansia Spanyol! | Breaktime
Selain menerapkan diet, mereka juga menghindari rokok, lho

Hal ini dikuatkan dengan bukti bahwa, warga Spanyol mulai menghindari dan mengurangi kebiasaan dari merokok. Sejak tahun 2000 hingga 2013 terjadi penurunan sekitar 20 % –  30 % orang dewasa yang tidak lagi merokok. Nah, Anda tentu sudah mengetahui bahwa rokok merupakan penyebab utama dari sakit jantung, kan, B’timers? So, jika ingin panjang umur, kenapa tak segera berhenti merokok dari sekarang?

Warga Spanyol ternyata memiliki tingkat bunuh diri yang terbilang rendah. OECD mencatat Spanyol ada di belakang Israel, Italia, Meksiko, Yunani dan Turki, lho, B’timers. Dna tak hanya itu saja. Warga Spanyol memiliki risiko menjadi pasien yang mencuba bunuh diri yang paling rendah dibandingkan dengan warga Ceko. Pasien percobaan bunuh diri adalah indikator seberapa mungkin pasien alami gangguan jiwa.

Ingin Panjang Umur? Ini Rahasia Lansia Spanyol! | Breaktime
Semua orang di Spanyol punya hak yang sama dalam kesehatan

Rahasia dari panjang umur para lansia di Spanyol ternyata didukung dengan baik serta layaknya fasilitas kesehatan di negara mereka, B’timers. Layanan kesehatan di Spanyol tidak pernah mempedulikan latar belakang ekonomi pasien yang membutuhkan perawatan medis. Di mata mereka semua orang bakalan mendapat perawatan terbaik jika memang membutuhkannya.

Yang terakhir dari rahasia panjang umur lansia Spanyol adalah kebiasaan mereka mengonsumsi jamón, atau salah satu hasil olahan dari daging. Meski ada penelitian yang menemukan jamón adalah penyebab utama dari pertumbuhan sel kanker, namun karena kandungan asam oleat yang ditemukan di dalamnya, membuat jamón baik untuk membantu mengatur kadar kolesterol.

Nah, itulah beberapa rahasia panjang umut lansia Spanyol yang bisa Anda ikuti, B’timers! Atau mungkin Anda lebih ingin pindah ke Spanyol untuk mendapatkan usia yang panjang? (NO) 

Share This Article