Menjaga Mata Tetap Sehat dan Jenih? Lakukan Cara Ini! | Breaktime
Ingin Mata Tetap Sehat dan Jernih? Coba 5 Cara Ini!
26.07.2015
“One eye sees, the other feels.” – Paul Klee

Meski sangat penting dan termasuk bagian yang vital, kesehatan mata seringkali terabaikan oleh kita. Ada begitu banyak aktivitas yang rutin kita lakukan dan tanpa sadar itu mengganggu kesehatan mata, B’timers. Sebut saja menatap layar komputer dan smartphone setiap hari serta menonton televisi dari jarak dekat. Lalu, bagaimana cara menjaga mata agar tetap sehat? Berikut tipsnya:

Mengonsumsi makanan yang baik untuk mata

Melindungi mata bisa dimulai dari piring Anda, lho. Nutrisi seperti asam lemak omega-3, lutein, zat besi, vitamin C dan E dapat membantu mengurangi resiko masalah penglihatan seperti degenerasi makula dan katarak. Perbanyak konsumsi sayuran hijau, salmon, tuna, telur dan kacang-kacangan.

Berhenti atau jangan pernah coba-coba merokok

Merokok lebih cenderung meningkatkan resiko katarak pada mata, kerusakan saraf optik dan degenerasi makula. Jika Anda sudah pernah mencoba berhenti merokok dan kini kembali merokok, teruslah berusaha dan jangan menyerah untuk berhenti merokok.

Memakai kacamata untuk pelindung

Jenis kacamata yang tepat akan membantu melindungi mata Anda dari paparan cahaya ultraviolet (UV) matahari. Sinar UV yang terlalu keras dapat meningkatkan resiko katarak dan degenerasi makula.

Kacamata bisa menjadi pelindung yang sekaligus menjaga kesehatan mata
Kacamata bisa menjadi pelindung yang sekaligus menjaga kesehatan mata

Menggunakan eyewear untuk melindungi mata

Jika B’timers tengah mengerjakan aktivitas atau olahraga yang bisa “membahayakan” mata seperti bermain hoki es dan badminton, disarankan mengenakan pelindung mata seperti helm dengan kaca pelindung atau kacamata sport dengan lensa polikarbonat.

Menatap layar komputer dari jarak jauh

Terlalu lama menatap layar komputer bisa menyebabkan mata lelah, penglihatan buram, sulit fokus pada objek yang jauh, mata kering, sakit kepala, serta leher, bahu dan punggung pegal. Atur posisi tempat duduk senyaman mungkin saat Anda harus bekerja menggunakan komputer.

Jika sudah rutin menjalankan kebiasaan sehat di atas, ada baiknya Anda memeriksakan mata secara rutin ke dokter. Dengan begitu, Anda bisa sekaligus mengetahui sejak dini jika ada masalah pada mata dan lebih cepat menanganinya. Protect your eyes for your future, B’timers.

Share This Article