Ingan Hidup Lebih Tenang? Coba Gaya Hidup Ini! | Breaktime
Ingan Hidup Lebih Tenang? Coba Gaya Hidup Ini B'timers!
09.02.2016

Pasti kata ikhlas sudah tidak asing bukan di telinga Anda? Tapi, apakah Anda tau makna dari kata ikhlas itu sendiri? Ikhlas adalah sebuah sikap menerima apapun yang terjadi baik itu hal baik maupun buruk. Ikhlas berbeda dengan bodoh meskipun banyak orang yang beranggapan keduanya hampir sama.

Ikhlas lebih tepatnya menerima dan berusaha untuk memperbaiki atau menjadi lebih baik. Banyak hal baik yang terjadi apabila Anda bisa bersikap ikhlas dalam kehidupan Anda. Bagi Anda yang belum mengetahui manfaat ikhlas pada diri sendiri, berikut beberapa contohnya : 

Ingan Hidup Lebih Tenang? Coba Gaya Hidup Ini! | Breaktime
Setiap masalah pasti akan membuat seseorang down, cobalah untuk ikhlas agar tidak lagi tersakiti

1. Lebih sehat

Kebanyakan orang yang mengalami stroke atau serangan jantung adalah karena terlalu stres dan memendam banyak pikiran. Seseorang yang terbiasa ikhlas akan lebih sehat karena perasaan tenang yang didapat saat sesuatu terjadi. Mereka yang ikhlas akan dengan mudah merelakan kesedihan tanpa terpikirkan berulang-ulang kembali.

2. Pribadi yang pemaaf

Inilah yang menjadi pembeda antara ikhlas dan bodoh. Bersikap bodoh akan membuat Anda berputar-putar pada masalah yang sebenarnya akan selesai saat emosi tidak ada di dalam pikiran. Akan tetapi, dengan bersikap ikhlas Anda akan dengan mudah memaafkan orang karena memaklumi kalau manusia tidaklah sempurna dan pasti berbuat salah. Namun, ikhlas akan mengajarkan Anda untuk tidak terjebak di lubang yang sama di masa yang akan datang.

3. Lebih tenang

Ketika hal apapun yang terjadi semisal kabar bahagia atau kabar menyedihkan melintas di telinga, Anda tidak langsung bereaksi secara berlebihan. Hal pertama yang Anda lakukan ketika memiliki sikap ikhlas adalah bersyukur, apapun yang terjadi. Hal ini lah yang membedakan orang ikhlas dengan mereka yang tergesa-gesa.

4. Terbebas dari pikiran negatif

Mungkin, setelah terjadi pertengkaran hebat dengan rekan atau sanak keluarga, seseorang akan mulai berpersepsi negatif dengan apapun tindakan dari lawannya tersebut. Padahal hal yang dilakukan lawan belum tentu semuanya buruk. Namun, dengan sikap ikhlas Anda akan terbebas dari pemikiran negatif karena tidak adanya dendam di hati saat sebuah masalah selesai diperbaiki.

5. Lebih religius

Seseorang yang di dalam hatinya sudah memiliki keikhlasan akan lebih dekat dengan Tuhannya. Kenapa bisa begitu? Karena mereka yang ikhlas tau bahwa semua yang ada di dunia hanya bersifat sementara. Bahkan kekayaan yang sudah lama dikumpulkan atau orang yang kita sayang pun suatu saat akan meninggalkan kita. Oleh karena itu lah, mereka yang ikhlas akan lebih dekat dengan Tuhan karena apapun yang hilang pasti akan digantikan olehNya.

Itulah manfaat baik dari bersikap ikhlas yang mungkin belum Anda ketahui sampai sekarang. Mungkin awalnya Anda kesulitan untuk menerapkan itu, akan tetapi apabila Anda bersungguh-sungguh semuanya akan terlalui dengan mudah. Selamat mencoba B'timers. (wsu)

Share This Article