Indonesia dikalahkan Mantan Provinsi, Timor Leste | Breaktime
Indonesia dikalahkan Mantan Provinsi, Timor Leste
12.06.2015

Tidak bisa dipungkiri bahwa kesehatan dan juga keselamatan ibu, masih perlu mendapatkan perhatian lebih. Pasalnya, di negara maju seperti halnya Amerika Serikat saja, seorang ibu yang melahirkan memiliki resiko yang sangat besar terhadap kematian. 

Menurut sebuah organisasi sosial, Save the Children, seorang ibu bisa mengalami kematian pada saat proses melahirkan dikarenakan berbagai macam faktor, seperti fasilitas rumah sakit kurang memadai, terlalu sedikitnya tenaga medis yang ada, dan berbagai macam masalah lainnya. 

Save the Children-State of the World’s Mothers melakukan sebuah survei negara di dunia dengan menentukan sebuah peringkat negara terbaik dan terburuk untuk kesehatan seorang ibu lewat beberapa indikator sejak bertahun-tahun yang lalu. Indikator yang dicatut antara lain kesehatan ibu dan anak, ekonomi, pendidikan, kesejahteraan, dan juga keamanan politik dalam negeri tersebut. 

Dalam survei tersebut, Indonesia menempati urutan ke-113 pada tahun 2014. Dibandingkan dengan tahun 2013, Indonesia turun 7 peringkat dan terpaksa berada di belakang Filipina serta Timor Leste. Tetapi Indonesia masih mengungguli Myanmar, Laos, dan juga Kamboja.

Norwegia, peringkat pertama negara ‘ramah’ untuk kesehatan ibu
Norwegia, peringkat pertama negara ‘ramah’ untuk kesehatan ibu

Sedangkan negara yang menyandang peringkat pertama untuk yang paling sigap dalam menangani kesehatan ibu dan anak adalah Norwegia. Setelah dikalkulasi semua indikator yang termasuk di dalamnya, Norwegia memang pantas menajdi negara yang ramah untuk para ibu dan anak.

Somalia, negara paling buruk untuk kesehatan ibu
Somalia, negara paling buruk untuk kesehatan ibu

Hal ini tentunya sangat berbeda dengan Somalia. Banyak ibu hamil yang tidak mendapatkan pelayanan yang sepantasnya. Banyak ibu meninggal dalam proses melahirkan dikarenakan memiliki usia yang masih muda serta buruknya pelayanan serta sedikitnya ahli medis yang ada di Somalia.

Share This Article