Ikut Gerak Jalan? Ini Manfaat yang Akan Didapat! | Breaktime
Ikut Gerak Jalan? Ini Manfaat yang Akan Didapat!
17.08.2016

Lomba Hari Kemerdekaan RI apa, sih, yang paling Anda ingat hingga sekarang, B’timers? Mungkin Anda masih ingat dengan lomba gerak jalan yang sering diadakan setiap tahun. Well, lomba satu ini memang erat kaitannya dengan kesehatan. Tapi, tahukah Anda apa manfaat di balik gerak jalan, B’timers? Simak seperti apa manfaat kesehatan yang akan kita dapatkan, yuk, B’timers!

Risiko cedera cenderung lebih rendah

Manfaat terbesar dari gerak jalan yang tidak disadari kebanyakan orang adalah olahraga ini cenderung lebih rendah risiko cedera B’timers. Sementara lari memiliki risiko cedera yang cukup tinggi, tubuh Anda justru bisa bergerak lebih nyaman ketika melakukan gerak jalan.

Ikut Gerak Jalan? Ini Manfaat yang Akan Didapat! | Breaktime
Lakukan latihan sebelum lomba, yuk!

Tingginya manfaat kardiovaskular

Dan gerak jalan bukan hanya milik mereka atlit-atlit professional saja, lho. Anda sebagai pemula bisa ikut olahraga ini dan mendapatkan manfaat kardioaskular yang cukup tinggi, B’timers. Saat Anda melakukan gerakan dalam gerak jalan, jantung akan berdenyut maksimal.

Membantu menurunkan berat badan

Well, meski gerakannya tidak seperti saat Anda lari atau jogging, tapi ternyata gerak jalan tetap memiliki manfaat kesehatan. Salah satunya adalah membantu menurunkan berat badan, B’timers. Dan yang menyenangkan, Anda bahkan tidak perlu membuang banyak waktu.

Ikut Gerak Jalan? Ini Manfaat yang Akan Didapat! | Breaktime
Gunakan alat dan sepatu yang sesuai, ya?

Otot tubuh bekerjaa lebih maksimal

Tidak ada penelitian khusus yang dapat membuktikan gerak jalan jauh lebih menyehatkan dari lari atau jogging, B’timers. Tapi ternyata ketika kita berlari, sekitar 70 % otot tubuh yang bekerja. Sementara saat Anda melakukan gerak jalan, sebanyak 95 % otot tubuh yang bekerja.

Dapat meningkatkan jarak gerakan

Gerak jalan akan membuat kaki dan anggota tubuh Anda lainnya bekerja lebih aktif, B’timers. Kombinasi yang unik ini juga biasa didapatkan ketika Anda melakukan gerakan pemanasan. Dengan gerakan yang dinamis dan terus menerus ini, tubuh akan mendapatkan manfaat kesehatan.

Kapan, nih, lomba gerak jalan di kantor Anda atau di wilayah perumahan diadakan, B’timers? (NO)

Share This Article