Hujan Bikin Tambah Galau, Cuaca Panas Makin Sulut Emosi. Kok Bisa? | Breaktime
Hujan Bikin Tambah Galau, Cuaca Panas Makin Sulut Emosi. Kok Bisa?
20.06.2015

Apakah hujan bikin B’timers merasa down? Atau panas bikin gerah dan emosi? Nah, rupanya temperatur udara alias suhu udara erat kaitannya dengan temperamen dan suasana hati kita, lho! Kadang kita sedang merasa gembira dan bersemangat, lalu dalam sekejap berubah jadi murung dan lesu. Bisa jadi, itu pengaruh dari cuaca dan suhu udara.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Jaap Denissen di Humboldt University of Berlin, Jerman, menyatakan bahwa kondisi cuaca berpengaruh terhadap mood dan perilaku seseorang. Bahkan, temperatur sehari-hari seperti angin, sinar matahari, tekanan udara, hujan dan juga lamanya hari bisa mempengaruhi mood positif kita. Seperti apa pengaruh temperatur terhadap temperamen?

  • Temperatur, angin dan sinar matahari cenderung membuat mood jadi negatif. Pengaruh sinar matahari dapat membuat tubuh merasa mudah lelah.
  • Di musim kemarau yang kering, angin lebih cenderung memberi efek negatif pada mood ketimbang di musim hujan.
  • Sinar matahari dapat memberi efek “menghibur” saat orang-orang merasa lelah dan lesu di hari yang terus turun hujan.
  • Saat hari pendek, sejumlah orang akan merasa terganggu, namun orang-orang lain justru sebaliknya dan merasa positif.
Hujan yang tak kunjung reda bikin suasana hati mellow
Hujan yang tak kunjung reda bikin suasana hati mellow

Meski temperatur berkaitan erat dengan temperamen, namun ini tidak berlaku sama kepada setiap orang. Ada juga yang tidak serta-merta terpengaruh dan mood-nya langsung berubah saat cuaca mengalami perubahan. Orang yang mood-nya mudah down saat hari terasa pendek atau waktu 24 jam kurang untuk mereka, lebih beresiko mengalami seasonal affective disorder atau SAD.

Namun, lamanya waktu yang dihabiskan di luar ruangan atau outdoor juga berpengaruh terhadap temperamen. Sebab, temperatur di dalam ruangan jelas berbeda dengan di luar ruangan. Nah, meski temperatur bisa “mengontrol” temperamen, tak perlu terlalu terbawa hingga itu mengganggu aktivitas Anda. Hibur diri B’timers dengan selingan seperti musik atau menonton video-video lucu agar kembali semangat, ya.

Share This Article