Alasan Makan Sebelum Tidur dengan Sakit Jantung | Breaktime
Hubungan Makan Sebelum Tidur dengan Sakit Jantung
12.10.2016

Sering lapar di tengah malam dan Anda ke dapur untuk menikmati satu gigitan makanan, B’timers? Wah, padahal makan larut malam dapat menempatkan seseorang dalam risiko serangan jantung serta stroke. Dan disarankan untuk tidak mengonsumsi apapun setidaknya dua jam sebelum waktu tidur atau setelah jam 7 malam. Berikut hubungan makan sebelum tidur dengan sakit jantung yang wajib diketahui!

Alasan Makan Sebelum Tidur dengan Sakit Jantung | Breaktime
Bahkan hanya camilan saja, bisa membahayakan!

Penelitian tentang makan di malam hari

Berdasarkan penelitian, mereka yang makan makan setelah pukul 7 malam bisa meningkatkan serangan jantung, lho. Dan hasil penelitian terhadap 700 orang dengan tekanan darah tinggi, ditemukan jika Anda makan malam terlalu malam, atau setidaknya lebih dari pukul 7 malam juga dapat meningkatkan risiko kematian karena kesehatan jantung mereka yang memburuk.

Dan hubungan makan sebelum dengan sakit jantung adalah karena ketika kita makan terlalu larut, maka tubuh akan kembali siaga dan bukan santai untuk tidur, B’timers. Hal ini membuat tubuh memproduksi hormone stres. Dan tak hanya itu, tekanan darah yang seharusnya menurun saat seseorang tidur, tapi karena Anda makan maka tekanan darah justru meningkat.

Baca juga : INI SISI KESEHATAN YANG ORANG KIDAL WAJIB TAHU!

Makan malam sebelum tidur akan membuat tekanan darah semakin tinggi, B’timers. Mereka yang sudah menderita tekanan darah, akan meningkatkan risiko sakit jantung karena kebiasaan makan terlalu larut. Dan hal ini akan semakin berbahaya. Karena jika tekanan darah tidak turun lebih dari 10 persen, makin meningkatkan risiko kardiovaskular, seperti serangan jantung, stroke dan penyakit kronis lainnya.

Untuk mengatasi rasa lapar yang datang berlebihan di malam hari, disarankan untuk makan cukup saat pagi dan siang hari. Dan jangan pernah melewatkan jam makan, B’timers. Jika memang rasa lapar tetap datang di malam hari, hindari mengonsumsi makanan berat. Atau sebaiknya berpuasa hingga pagi hari. Karena puasa di malam hari terbukti memberikan manfaat kesehatan, lho.

Nah, sudah tahu hubungan makan sebelum tidur dengan sakit jantung, kan, B’timers? (NO)

Share This Article