How To Deal: Penyebab dan Cara Mengatasi Mabuk Laut | BREAKTIME
How To Deal: Penyebab dan Cara Mengatasi Mabuk Laut
13.03.2015

Mabuk laut adalah salah satu gejala ‘mabuk’ yang dialami ketika melakukan perjalanan lewat laut. Hal ini biasanya terjadi ketika tubuh tidak mampu beradaptasi dengan perubahan mendadak dari kondisi yang tenang di darat menjadi kondisi penuh guncangan di atas kapal.

Pada umumnya ada dua indikasi mabuk laut, yaitu:

Kepala terasa pusing

How To Deal: Penyebab dan Cara Mengatasi Mabuk Laut

Saat kepala mendadak pusing, banyak orang yang cenderung memilih menutup mata atau mencoba untuk tidur. Hal ini justru akan mengakibatkan efek mabuk laut yang lebih buruk.

Perut mual

How To Deal: Penyebab dan Cara Mengatasi Mabuk Laut

Kondisi ini disebabkan oleh goyangan yang terjadi di kapal, B’timers. Hal ini tak bisa dihindari terutama jika keadaan laut juga sedang tidak mendukung, seperti berangin sangat kencang atau ombaknya cukup tinggi.

Proses mabuk laut sendiri terjadi seperti ini: otak mensinyalir adanya gangguan, kemudian penglihatan akan terkena dampaknya. Segala sesuatu tampak seakan berhenti bergerak, namun sebaliknya, tubuh serta sensor keseimbangan di telinga justru menangkap bahwa terjadi guncangan di sekitar Anda. Proses yang tidak sinkron ini membuat pikiran mengirimkan sinyal keseluruh tubuh untuk berhenti melakukan segala aktivitas, hingga proses metabolism juga ikut terhenti.

Biasanya, gangguan mabuk laut akan berhenti begitu stimulus visual dan gerakan tersinkronisasi. Hal ini bisa dilakukan dengan berkonsentrasi dan fokus kepada garis cakrawala hingga B’timers melihat garis itu benar-benar berada pada posisi horizontal. Cara ini membuat penglihatan yang tadinya fokus kepada kapal dan laut, berubah menjadi lebih fokus terhadap daratan.

Cara untuk mengatasi mabuk laut selain dengan kiat sederhana tersebut, bisa juga melalui konsumsi obat-obatan seperti Cinnarizine/Stugeron, dan obat resep seperti dimenhydrinate, scopolamine, serta promethazine. 

Saat mual yang dirasakan tak kunjung hilang, B’timers bisa mencoba mencium aroma-aroma alami yang menyegarkan seperti yang  terdapat dalam kopi atau lemon. Bisa juga mengonsumsi minuman panas yang membantu menenangkan lambung. Yang jelas, jangan sampai mabuk laut ini menghalangi aktivitas Anda , ya!

Share This Article