Hobi Menyanyi Bisa Sehatkan Jantung, Benarkah? | Breaktime
Hobi Menyanyi Bisa Sehatkan Jantung, Benarkah?
06.06.2015

Tidak bisa dipungkiri bahwa hobi adalah sesuatu hal yang sangat menyenangkan apabila digeluti, apalagi hal tersebut bisa menghasilkan uang, misalnya saja menyanyi. Nah, pernahkan B’timers dengar informasi yang mengatakan kalau bernyanyi bisa menyehatkan jantung?

Menyanyi ternyata memiliki efek menyehatkan jantung, benar atau salah?
Menyanyi ternyata memiliki efek menyehatkan jantung, benar atau salah?

Bagaimanapun suara Anda, ternyata hobi menyanyi memiliki dampak yang cukup positif untuk kesehatan lho. Graham Welch, seorang professor di Chair of Music Education at the Institute of Education, University of London, melakukan sebuah penelitian selama 30 tahun tentang perkembangan musik dan juga hubungan medis antara kesehatan dan hobi bernyanyi. Dari hasil penelitian, disimpulkan bahwa bernyanyi memang memiliki manfaat dalam menunjang kesehatan fisik dan juga kondisi kejiwaan. 

Salah satu manfaat terbaik dari bernyanyi adalah dapat memaksimalkan kondisi kesehatan jantung. Ketika bernyanyi, Anda menghembuskan napas yang diatur sedemikian rupa dan dapat meningkatkan produksi oksigen di dalam darah sehingga membuat jantung bisa bekerja optimal tanpa adanya hambatan.

Selain dapat memaksimalkan kerja jantung, menyanyi juga dapat membuat mengurangi stress dan dapat meningkatkan rasa bahagia. Saat menyanyi, tubuh akan memproduksi hormon endorphins yang mampu membuat perasaan jadi lebih bahagia. Selain itu, tubuh juga memproduksi hormon oxytocin yang dapat mengurangi tingkat stress dan juga kecemasan. 

Nah, jika B’timers memang memiliki hobi bernyanyi, tak usah malu melakukannya meski suara tak terlalu merdu. Just sing!

Share This Article